BBB ke-5 Segara Kerthi akan Dibuka Koster di Ksirarnawa

Gladi pementasan pembukaan BBB ke-5. (Balinesia.id/ist)

Denpasar, Balinesia.id - Bulan Bahasa Bali (BBB) ke-5 tahun 2023 “Segara Kerthi: Campuhan Urip Sarwa Prani” dijadwalkan akan dibuka oleh Gubernur Bali, Wayan Koster di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali, Denpasar, Rabu, 1 Februari 2023.

Hal tersebut dinyatakan Kepala Bidang Sejarah dan Dokumentasi Kebudayaan Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Bali, Drs. A.A. Ngurah Bagawinata, M.M. Ia menyatakan bahwa pembukaan akan dilakukan dengan sebuah pementasan sandhyagitha “Nawa Ruci” garapan Sanggar Kokar Bali.

Menurut Bagawinata, BBB ke-5 akan disajikan inovatif dengan mempertemukan masa lalu dan kekinian. Masa lalu diwakilkan melalaui pelaksanaan festival nyurat lontar dengan pengrupak di atas daun lontar, sementara masa kekinian diwujudkan melalui festival pengetikan aksara Bali dengan keyboard aksara Bali di komputer.

Baca Juga:

“Bapak Gubernur (Koster) akan meninjau kegiatan masa lalu yang diterapkan oleh lelangit leluhur kita berkaitan dengan penglimbakan bahasa dan aksara Bali, begitu juga dengan teknik teknologi. Ini sudah dibuat oleh anak-anak bangsa, anak-anak krama Bali berupa keyboard aksara Bali,” kata Bagawinata.

Menurutnya, Koster akan menyaksikan festival nyurat lontar dengan pengrupak dan pengetikan Bahasa Bali dengan keyboard. Selain itu Koster juga dijadwal meninjau Reka Aksara (Pemeran) BBB V.

Ia menambahkan, Bulan Bahasa Bali ke-5 dapat disaksikan oleh masyarakat dengan menonton melalui pranala di kanal media digital YouTube, di stasiun televisi, maupun datang langsung ke Taman Budaya Provinsi Bali.

Pada hajatan pemuliaan bahasa, aksara, dan sastra Bali itu, pihaknya menampilkan materi-materi yang dibagi dalam enam kelompok, yakni Krialoka (Workshop), Widya Tula (Seminar), Wimbakara (Lomba), Sesolahan (Pergelaran), Reka Aksara (Pameran), dan Penganugrahan Bali Kerthi Nugraha Mahottama kepada dua tokoh khususnya di bidang sastra Bali. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories