BBB V Dibuka Sesolahan Sandhyagitha “Nawa Ruci” yang Wacanakan Kemuliaan Laut sebagai Penyucian dan Kehidupan

Gladi pementasan Sandhyagitha "Nawa Ruci" yang akan dipentaskan saat pembukaan Bulan Bahasa Bali ke-5, Rabu, 1 Fabruari 2023. (Balinesia.id/ist)

Denpasar, Balinesia.id – Bulan Bahasa Bali (BBB) ke-5 tahun 2023 secara resmi dibuka Rabu, 1 Februari 2023 besok. Terkait pembukaan program tahunan Pemerintah Provinsi Bali itu, sebuah pergelaran pun telah disiapkan.

Sanggar Seni Kokar Bali dipercaya menggarap sajian pembuka BBB ke-5 yang mengetangahkan tema “Segara Kerthi: Campuhan Urip Sarwa Prani”. Berpijak pada tema itu pula, sanggar seni tersebut akan menyajikan sesolahan sandhyagitha berjudul “Nawa Ruci”. 

Ketua Sanggar Seni Kokar Bali, Ketut Darya, di sela-sela gladi pembukaan BBB ke-5 di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali di Denpasar, Selasa, 31 Januari 2023 mengatakan bahwa secara esensial garapan tersebut mencitrakan entitas sarwa prani atau semua kehidupan di laut. Garapan ini sejalan dengan wacana yang berkembang dalam khazanah sastra Bali, bahwa laut merupakan tempat peleburan segala kekotoran serta tempat kehidupan. 

Baca Juga:

“Laut dimaknai sebagai tempat terbentuknya alam dan manusia yang berasal dari unsur panca mahabuta, sehingga pesan yang disampaikan manusia hendaknya menyayangi laut, karena berkontribusi besar pada manusia. Laut, tempat pamarisuda (penyucian, red) dan amerta (kehidupan, red) itu ada di laut, maka sayangi laut,” katanya.

Lebih jauh, ia mengatakan bahwa Sesolahan Sandhyagitha “Nawa Ruci” akan dikemas mirip dengan sendratari, meskipun gerak tarinya akan lebih sedikit karrena menonjolkan vokal sebagai pengejewantahan dari sastra.“Pola gerak dikembangkan pada posisi diam, lalu diikuti dengan bernyanyi. Sandyagitha ini lebih banyak dikreasikan, namun tetap berpedoman pada tema ‘Segara Kerthi’,” kata dia.

Kepala Bidang Sejarah dan Dokumentasi Kebudayaan Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Bali, Drs. A.A. Ngurah Bagawinata, M.M., mengatakan bahwa pembukaan BBB ke-5 akan dibuka Gubernur Bali, Wayan Koster. Adapun BBB ke-5 akan berlangsung selama sebulan penuh di bulan Februari 2023 dan akan menampilkan berbagai materi terkait pemuliaan bahasa, aksara, dan sastra Bali. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories