Bangli Rilis 51 Kampung KB

Perilisan Kampung KB di Kabupaten Bangli. (Balinesia.id/IST)

Bangli, Balinesia.id – Pemerintah Kabupaten Bangli merilis 51 Kampung Keluarga Berkualitas (KB) pada Rabu, 14 Juni 2023. Perilisan dilakukan di Gedung Bangli Mukti Bakti (BMB), Kabupaten Bangli.

Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, mengatakan bahwa sejak awal pencetusan Kampung KB sudah terdapat 17 Kampung KB di Kabupaten Bangli, kemudian ditambah sebanyak 51 Kampung KB sehingga seluruh desa di Kabupaten Bangli telah menjadi Kampung Keluarga Berkualitas. 

“Hal ini sejalan dengan Inpres No. 3 Tahun 2023 yang mengharuskan seluruh Desa menjadi Kampung Keluarga Berkualitas,” katanya.

Baca Juga:

Dikatakan, Kampung KB sangat bermanfaat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dilakukan secara terintegrasi dan konvergen antar lintas sektor. Kampung KB ditujukan untuk menciptakan Desa yang terencana sehingga dikemudian hari sumber daya manusia di masing-masing desa menjadi lebih berkualitas.

“Tentunya ini juga menjadi motivasi bagi kami di pemerintah Kabupaten Bangli untuk memaksimalkan program keluarga berkualitas khususnya dalam percepatan penurunan stunting,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Ni Luh Gede Sukardiasih, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi komitmen pemerintah Kabupaten Bangli dalam mendukung Program Keluarga Berkualitas. 

“Apresiasi setinggi-tingginya kami ucapkan kepada pemerintah kabupaten Bangli yang sudah dengan sigap menindaklanjuti Inpres No. 3 Tahun 2022 memberikan tambahan pembentukan Kampung KB baru sebanyak 51 desa sehingga menambah prosentase capaian target Kampung KB Provinsi Bali menjadi 43,65 persen,” kata dia.

Baca Juga:

Sebelumnya juga dijelaskan bahwa Saat ini di provinsi Bali, Kampung keluarga Berkualitas sudah terbentuk di 152 desa/kelurahan atau sekitar 32,68 persen dari target sebanyak 465 kampung KB pada tahun 2023.

“Sesuai dengan roadmap Kampung KB yang telah ditetapkan BKKBN, diharapkan pada akhir 2024 sebanyak 636 Kampung KB terbentuk di seluruh desa/kelurahan di Bali sehingga komitmen dari lintas sektor sangat kami harapkan,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories