Babinsa Peninjoan Bantu Warga Tebang Pohon

Babinsa Koramil 1626–03/Tembuku, Sertu I Made Suarnika, membantu warga menebang pohon untuk menghindari pohon tumbang. (Balinesia.id/IST)

Bangli, Balinesia.id – Babinsa Koramil 1626–03/Tembuku, Sertu I Made Suarnika, membantu warga menebang pohon perindang untuk mengantisipasi pohon tumbang akibat cuaca yang tidak bersahabat. Penebangan pohon yang dilakukan diharapkan dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan.

Suarnika mengatakan bahwa menyikapi kondisi cuaca yang tidak menentu dan sering terjadi hujan disertai angin kencang menimbulkan banyak kerawanan, terutama pohon tumbang. 

Mengantisipasi hal tersebut, babinsa bersama warga bergotong royong menebang pohon-pohon yang sudah tua di pinggir jalan, sebab dikhawatirkan dapat membahayakan pengguna jalan.

Baca Juga:

“Kerja bakti kali ini membersihkan jalan, selain memangkas ranting-ranting di kanan kiri jalan, juga menebang pohon yang sudah tua dan rawan roboh menghalangi jalan yang dapat menimbulkan kecelakaan,” katanya, Kamis, 30 Maret 2023.

Ia juga mengimbau warga apabila didekat rumahnya ada pohon besar dan rawan roboh, terutama dekat dengan jaringan listrik agar segera ditebang sebelum menimbulkan kerugian materiil bahkan korban jiwa, apabila membutuhkan bantuan tenaga, tentunya dapat dilakukan secara gotong royong bersama seluruh warga.

“Menghadapi situasi dan kondisi cuaca saat ini, kita harus meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat menimbulkan bencana. Lebih baik mencegah daripada menyesal di kemudian hari,” kata dia.

Baca Juga:

Sementara itu, Komandan 1626/Bangli, Letkol Arh. Sutrisno S.Sos. melalui Danramil 03/Tembuku Kapten Inf Ketut Suparwan menyebutkan, Babinsa Jajarannya harus bisa jadi pelopor dalam setiap kegiatan yang bersangkutan dengan pemulihan kondisi lingkungan binaan.

“Apalagi yang dilakukan pembersihan merupakan untuk kepentingan umum. Babinsa harus bisa mengerahkan warga binaannya, sehingga permasalahan dapat segera diatasi,” kata dia.

Melalui pelaksanaan gotong royong tersebut, hubungan Babinsa dengan masyarakat binaannya akan terjalin baik dan harmonis. Sehingga setiap ada permasalahan yang terjadi di wilayah binaan, masyarakat binaan tak sungkan meminta pertolongan kepada Babinsa maupun Bhabinkamtibmas. jpd

Editor: E. Ariana
Tags Bali BangliBagikan

Related Stories