Babinsa Landih Terjun ke Pasar, Harga Bahan Pokok Terpantau Sedikit Meningkat

Babinsa Landih memantau Pasar Tradisional Landih di Bangli, Rabu, 8 Februari 2023. (Balinesia.id/IST)

Bangli, Balinesia.id – Babinsa Desa Landih, Koramil 01/Bangli, Kodim 1626/Bangli, Pelda I Wayan Sujana melakukan pamantauan stabilitas harga bahan pokok di Pasar Tradisional Desa Landih, Pengotan, Kecamatan Bangli pada Rabu, 8 Februari 2023 pagi.  

Berdasarkan hasil pemantauannya, Sujana menyatakan adasedikit peningkatan sejumlah harga sejumlah komoditas. “Sebagai contoh saat ini per 1 kg beras di pasar tersebut kini dijual kisaran harga Rp13 ribu hingga Rp14 ribu, dari harga sebelumnya dijual dari kisaran harga Rp10 ribu,” katanya.

Ia mengatakan tujuan pemantauan harga bahan pokok yang dilakukan pihaknya bertujuan untuk mengetahui situasi dan kondisi di wilayah binaan masing-masing, terutama dalam kondisi pascapandemi Covid-19. “Dengan turun ke pasar, tentunya dapat membuka komunikasi kami dengan pedagang serta pembeli, baik itu soal harga hingga kenyamanan saat belanja,” kata dia.

Baca Juga:

Selain memantau kondisi harga-harga, pada kesempatan itu pihaknya juga mengingatkan para pedagang untuk menjaga kondusivitas keamanan. Salah satu yang diatensi adalah perhatian terhadap kendaraan bermotor, di mana ia mengimbau para pedagang dan pengunjung pasar untuk memarkir kendaraan dengan baik dan memastikan terkunci ganda agar lebih aman. 

“Kami juga berpesan agar pedagang agar menjadi pedagang yang jujur, tidak menjual barang yang kurang baik kepada pembeli serta tidak mempercayai berita-berita bohong atau hoaks yang dapat menimbulkan keresahan di kalangan pedagang dan jangan pula menjadi penyebar berita hoaks. Sebaiknya menyaring dahulu sebelum berita itu disebarkan, baik secara lisan maupun ke media sosial,” kata dia. 

Baca Juga:

Secara terpisah Komandan Kodim 1626/Bangli, Letkol Arh Sutrisno, S.Sos., menjelaskan bahwa pihaknya selalu menginstruksikan jajaran Babinsa Kodim 1626/Bangli yang bertugas di tingkat desa agar tetap menjalin hubungan dan komunikasi dengan warga binaaannya, termasuk dengan unsur polisi, yakni Bhabinkamtibmas. “Babinsa juga agar selalu mengingatkan warganya akan pentingnya menerapkan protocol kesehatan sehari-hari,” kata Sutrisno. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories