Babinsa Kodim 1626/Bangli Amankan Upacara Nyegara-Gunung

Pengawalan proses Nyegara-Gunung Ida Betara Pura Dalem Tabunan, Tembuku, Bangli oleh Babinsa dan elemen terkait. (Balinesia.id/Kodim 1662/Bangli)

Bangli, Balinesia.id – Personel Kodim 1626/Bangli yang bertugas sebagai Babinsa di Desa Undisan melakukan pengawalan dan pengamanan rangkaian upacara Nyegara-Gunung yang digelar masyarakat setempat, Senin, 12 September 2022. Pengamanan dilakukan secara sinergis bersama Bhabinkamtibmas dan Pecalang Desa Adat Tabunan.

Babinsa Desa Undisan, Serda I Nyoman Suganda mengatakan, kegiatan Nyegara-Gunung Ida Betara Pura Dalem Tabunan melintasi tempat di kabupaten lain. Pertama prosesi tersebut menuju ke Pantai Watu Klotok di Kabupaten Klungkung, kemudian dilanjutkan ke Pura Tirta Empul Tampaksiring di Kabupaten Gianyar.

Baca Juga:

“Dalam pelaksanaanya, kami membantu mengatur arus lalin agar pelaksanaan kegiatan adat dapat berjalan lancar, dan mengimbau kepada masyarakat agar dalam kegiatan bersifat umum maupun individu selalu mematuhi protkes guna memutus rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Dandim 1626/Bangli, Letkol Arh. Sutrisno S.Sos. menyampaikan bahwa apa yang dilakukan personelnya adalah fungsi mendasar bagi seorang Babinsa. Menurutnya, Babinsa merupakan garda terdepan TNI di tingkat Koramil, maka dari itu setiap personel Babinsa diharapkan agar selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dalam kegiatan apa pun yang ada di wilayah desa binaanya.

“Baik itu dalam kegiatan yang bersifat resmi, maupun kegiatan keagamaan, sehingga dapat tercipta rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, di samping itu agar dapat lebih mempererat tali silaturahmi antara masyarakat dengan TNI,” harap Sutrisno. jpd

Editor: E. Ariana
Tags Babinsa BangliBagikan

Related Stories