Babinsa Bersama Masyarakat Tanam Pohon

Babinsa Peninjoan bersama masyarakat menanam pohon. (Balinesia.id/IST)

Bangli, Balinesia.id – Babinsa Koramil 1626-03/Tembuku, Sertu I Made Suarnika mendukung kegiatan menanam pohon yang dilaksanakan aparatur Desa Peninjoan, Selasa, 28 Maret 2023. Penanaman pohon tersebut merupakan salah satu kegiatan memperingati Hari Desa Asri Nusantara yang digelar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi RI.

Suarnika mengatakan selaku aparat teritorial mengatakan penanaman pohon di desa binaanya menjadi upaya yang sangat penting. Aksi nyata ini dilakukan oleh aparatur Desa Peninjoan bersama warga masyarakat bertujuan memelihara lingkungan, sehingga bisa terselamatkan.

Baca Juga:

“Mengingat fungsi pohon yang sangat vital bagi makhluk hidup, selain penghijauan juga menghasilkan oksigen di siang hari. Oksigen adalah unsur yang sangat penting untuk kelangsungan kehidupan di bumi,” katanya mendukung program tersebut.

 Pihaknya juga mengapresiasi gerakan yang dilakukan masyarakat Desa Peninjoan. Ia meyakini bahwa apa yang dilakukan saat ini akan memberi manfaat yang baik bagi masa depan.

“Manfaat menanam pohon mungkin tidak bisa langsung kita rasakan dalam waktu singkat, namun di masa depan, usaha ini akan sangat berguna bagi anak-anak dan cucu kita kelak, agar mereka bisa tumbuh di lingkungan dengan udara yang bersih dan bebas dari penyakit,” kata dia. 

Baca Juga:

Sementara itu, Dandim 1626/Bangli Letkol Arh. Sutrisno S. Sos. mengatakan bahwa menanam pohon dapat membantu mencegah erosi tanah yang memicu terjadinya tanah longsor. Jadi nantinya pohon akan membantu menahan tekanan air akibat hujan lebat, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya tanah longsor. Selain itu, pohon juga dapat membantu mencegah terjadinya banjir.

"Mempertahankan zona hijau dengan melakukan gerakan penghijauan akan memperbaiki kwalitas lingkungan dan makluk hidup,” kata dia. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories