Walikota Dujiangyan City, Tiongkok Terkesan dengan Keindahan Bali

Walikota Dujiangyan City, Chengdu, Sichuan, Tiongkok, Zhang Yadan bertemu dengan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id - Walikota Dujiangyan City, Chengdu, Sichuan, Tiongkok, Zhang Yadan terkesan dengan keindahan alam dan budaya Bali. Hal tersebut dinyatakannya ketika bertemu dengan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati di Kantor Gubernur Bali, Denpassar, Senin, 27 Maret 2023.

Zhang Yadan menyampaikan bahwa Bali merupakan salah satu tempat favorit yang selalu ingin dikunjungi oleh masyarakatnya di Tiongkok. Dalam beberapa hal, ia menilai Bali memiliki kemiripan dengan Chengdu, di mana sama-sama memiliki pesona daya tarik tersendiri khususnya dalam keindahan alam dan lingkungan. “Ada yang bilang kalau sudah ke Chengdu mereka tidak ingin pulang,” ungkapnya.

Baca Juga:

Terhadap kunjungan tersebut, Cok Ace menjelaskan bahwa hubungan antara Bali dan Tiongkok sudah terjalin sejak lama. Tiongkok merupakan salah satu bangsa yang memberi pengaruh kuat dalam dinamika kebudayaan Bali, yang ditunjukkan dengan akulturasi yang lahir kemudian.

“Hubungan Bali dengan Tiongkok secara historis sangat dekat khususnya di bidang kebudayaan bahkan saat ini warisan budaya Tiongkok masih kita gunakan dan lestarikan,” katanya.

Baca Juga:

Dalam konteks pariwisata, Tiongkok merupakan salah satu negara penyumbang wisatawan mancanegara terbanyak ke Bali sebelum pandemi Covid-19. “Dulu sebelum Covid, Tiongkok dan Australia bersaing menjadi wisman terbanyak bahkan wisman Tiongkok mencapai 1,2 juta wisman per tahun,” katanya.

Sementara saat ini jumlah kunjungan wisman Tiongkok pasapandemi mulai meningkat walaupun jumlahnya jauh di bawah ketika sebelum pandemi Covid-19 namun penerbangan internasional Bali dan Tiongkok telah dibuka melalui Xiamen Airlines yang telah memiliki jadwal penerbangan regular sejak Maret 2023. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories