Awas! Ini 7 Tanda Bahaya dalam Mengelola Keuangan Keluarga

Awas! Ini 7 Tanda Bahaya dalam Mengelola Keuangan Keluarga (Freepik/tirachardz)

JAKARTA – Mengatur keuangan rumah tangga harus menjadi kebiasaan setiap hari agar Anda bisa mencapai tujuan finansial yang Anda impikan. Semua orang pasti ingin kondisi keuangan mereka lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Keetika sudah menikah, semua aspek keuangan harus dipertimbangkan bersama, termasuk kebutuhan dasar rumah tangga, biaya pendidikan anak, dana darurat, dan cicilan KPR rumah.

Namun, mengelola keuangan tentu tak mudah. Terkadang dalam mengelola keuangan terdapat kesalahan-kesalahan (red flag) yang dilakukan bersama pasangan tanpa disadari.

Maka dari itu, mengenali tanda-tanda red flag adalah langkah awal yang penting untuk memperbaiki kondisi keuangan rumah tangga. Yuk, simak artikel berikut!

Red Flag dalam Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Berikut ini beberapa red flag dalam mengatur keuangan rumah tangga:

1. Utang Membengkak

Tanda dari masalah keuangan adalah utang yang terus membengkak. Jika jumlah utang meningkat setiap bulannya, hal ini menandakan adanya ketidakstabilan dalam keuangan rumah tangga bersama pasangan.

Utang yang semakin besar dapat menyebabkan tekanan finansial yang berat, yang pada akhirnya dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari. Tanpa disadari, utang yang terus membesar dapat mengganggu arus kas bulanan.

2. Pengeluaran Melebihi Pendapatan

Jika pengeluaran bulanan melebihi pendapatan, rumah tangga akan menghadapi risiko keuangan yang serius. Hal ini dapat menyebabkan penggunaan tabungan atau bahkan penumpukan utang untuk menutup kekurangan tersebut.

Dalam jangka panjang, kondisi ini tidak dapat berlanjut dan dapat mengakibatkan masalah finansial yang berat. Anda bisa mengurangi pengeluaran yang tidak penting, seperti dengan membawa bekal ke kantor alih-alih makan di luar.

3. Aset yang Terus Menyusut

Kesulitan keuangan seringkali memaksa seseorang untuk menutupi masalah dengan menjual aset yang dimiliki hingga habis. Penurunan aset ini bisa menjadi tanda adanya masalah finansial yang perlu diwaspadai.

4. Tidak Ada Dana Darurat

Jika rumah tangga tidak memiliki dana darurat, akan berisiko besar ketika menghadapi situasi mendesak, seperti kehilangan pekerjaan atau kecelakaan. Dana darurat berfungsi sebagai perlindungan finansial, sehingga Ketika tidak memiliki perlindungan tersebut maka bisa berada dalam kondisi berbahaya.

Oleh karena itu, penting untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk membangun cadangan dana darurat yang cukup untuk beberapa bulan ke depan. Dengan begitu, Anda dan pasangan akan merasa lebih tenang dan siap menghadapi berbagai kondisi tanpa kekhawatiran terhadap keadaan darurat.

5. Memiliki Riwayat Kredit yang Buruk

Pasangan yang memiliki riwayat kredit buruk, seperti kredit macet di bank, termasuk dalam kategori red flag. Ini menunjukkan bahwa mereka memiliki manajemen keuangan yang buruk atau kesulitan dalam mengatur keuangan. Jika tidak diperbaiki merusak stabilitas keuangan rumah tangga.

6. Tidak Ada Rencana Keuangan

Rumah tangga yang tidak memiliki rencana keuangan atau anggaran berisiko menghabiskan uang tanpa kendali. Hal ini dapat menyebabkan pemborosan, minimnya tabungan, dan masalah keuangan. Tanpa rencana yang jelas, Anda dan pasangan cenderung mengeluarkan uang secara berlebihan dan membeli barang yang tidak diperlukan. 

Rencana keuangan yang baik berfungsi sebagai transportasi untuk mencapai tujuan finansial dengan cara mengelola uang dengan bijak.

7. Tidak Memiliki Investasi Jangka Panjang

Jika rumah tangga tidak memiliki investasi yang teratur dan konsisten, hal ini dapat menghambat tujuan keuangan jangka panjang, seperti dana pensiun atau dana pendidikan, yang membutuhkan pengelolaan yang baik secara rutin.

Ketidakpunyaan investasi jangka panjang, seperti Reksa Dana atau aset investasi lainnya, bisa menunjukkan kurangnya perhatian terhadap masa depan finansial. Oleh karena itu, penting untuk mulai membangun aset investasi jangka panjang.

Itu dia red flag dalam mengatur keuangan rumah tangga. Untuk itu, mulailah menyusun anggaran dengan benar, menabung hingga investasi jangka panjang.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 24 Aug 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories