Astra Akuisisi 49,56 Persen Saham PT Bank Jasa Jakarta senilai Rp3,87 Triliun

Ilustrasi PT Astra Internasional Tbk (astra.co.id)

Jakarta, Balinesia.id - Seham sebesar 49,56% PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) dengan nilai Rp3,87 triliun resmi diakuisisi PT Astra Internasional Tbk (ASII) melalui unit usahanya, PT Sedaya Multi Investama (SMI).

SMI, entitas usaha yang seluruh sahamnya dimiliki secara langsung dan tidak langsung oleh Astra, telah menandatangani Perjanjian Penyertaan Modal (Shares Subscription Agreement/SSA) dengan BJJ pada 1 Juli 2022.

Disepakati, melalui perjanjian tersebut, SMI akan mengambil bagian atas 1.138.088 lembar saham yang mewakili 49,56% dari seluruh modal yang ditempatkan di PT Bank Jasa Jakarta.

Melansir keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), manajemen Astra menyatakan penyelesaian rencana transaksi tersebut tunduk pada pemenuhan persyaratan pendahuluan dalam SSA, termasuk untuk persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait dengan rencana transaksi.

Rencana transaksi tersebut, bukan transaksi material sebagaimana dimaksud dalam Peraturan OJK Nomor 17/POJK.04/2020 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha.

Corporate Secretary Astra Gita Tiffani Boer, mengungkapkan, tujuan rencana transaksi ini berkaitan dengan pengembangan usaha dan bentuk investasi dari SMI.

"Informasi atau fakta material yang diungkapkan tidak memiliki dampak material terhadap kelangsungan usaha Perseroan," kata Gita Tiffani Boer, dikutip Senin, 4 Juli 2022.

Gita Tiffani Boer, dalam keterangannya, mengatakan bahwa salah satu pemegang saham BJJ, yakni Welab Sky Limited, akan meningkatkan kepemilikannya di bank yang merupakan anak usaha dari PT Widya Rahardja Dharma tersebut.

Setelah Rencana Transaksi diselesaikan, Welab Sky Limited juga akan memiliki 49,56% dari seluruh modal yang disetor di BJJ.  ***

 

 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Idham Nur Indrajaya pada 04 Jul 2022 

Editor: Rohmat
Bagikan

Related Stories