Musisi Tanah Air Ramaikan Pembukaan Surya Sewana Road to Sanfest 2022

Pembukaan Surya Sewana Road to Sanfest 2022 yang berlangsung 13 Juli 2022 di .Open Garden Geriya Santrian Resort Sanur, Denpasar (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id- Sejumlah musisis Tanah Air seperti Balawan hingga Bali Bosa Band meramaikan even Surya Sewana Road to Sanfest 2022 ditandai pemukulan alat musik di Open Garden Geriya Santrian Resort Sanur, Jumat (1/7/2022) malam.

Sejumlah musisi Tanah Air memeriahkan Surya Sewana Road to Sanfest 2022 yang berlangsung 13 Juli 2022.

Para musisi dan penyanyi itu adalah Balawan, Sandhy Sondoro, Pongki Barata, Crazy Horse, Allien Child, Bali Bosa Band, Astera, Sound of Mirror, Jampiro Band, Gus Agung Gotama, Soulfood, serta para musisi lainnya.

Even dibuka Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) dihadiri ratusan wisatawan asing dan domestikm dan masyarakat lainnya.

Wagub Cok Ace berharap even Surya Sewana Road to Sanfest 2022 yang diharapkan bisa turut mendongkrak pariwisata Bali bisa diikuti daerah lainnya di Bali.

Bagaimanapun, Sanur Village Festival sangat luar biasa telah memulai duluan, berani bangkit disaat kondisi ekonomi yang masih belum kembali pulih.

"Pemerintah Provinsi Bali sangat mengapresiasi acara Surya Sewana Road to Sanfest 2022, dan semoga bisa diikuti daerah lainnya”, ungkap Cok Ace.

Even Sanur Village Festival, telah terbukti memberikan kontribusi nyata bagi promosi pariwisata Bali.  Dengan dihelatnya kembali even ini, seperti menyatukan berbagai kekuatan untuk menyambut kebangkitan pariwisata Bali.

"Langkah nyata Sanur Village Festival yang mampu mengkolaborasi kekuatan kreatif masyarakat, industri pariwisata dan pemerintah patut dijadikan contoh bagi daerah lainnya," tandas Wagub Cok Ace.

Ajang ini, merupakan pemanasan menuju hajatan besar Sanur Village Festival yang juga menjadi salah satu agenda Kaharisma Event Nusantara 2022 Kemenparekraf Republik Indonesia. Even bisa dibilang miniatur Sanfest ini melibatkan pekerja kreatif, seniman, industri UMKM, restaurant, olah ragawan,pecinta otomotif sampai penekun yoga.

Bertemakan Surya Sewana bertujuan sebagai rasa syukur atas keberkahan yang selama ini terus dirasakan masyarakat Sanur, khususnya saat mulai meredanya badai pandemi Covid 19.


Even yang masuk di tahun ke-15 dengan fakum dua tahun ini diharapkan dapat mendongkrak pariwisata Bali.

Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, setelah melewati masa sulit akibat pandemi covid selama dua tahun lebih, Surya Sewana Road to Sanfest 2022 yang memiliki tujuan meningkatkan kunjungan wisatawan kembali ke Sanur patut diberikan apresiasi tinggi.

Sanur Village Festival teruji dalam kurun waktu penyelanggaraannya. Kemampuan menghimpun, mewadahi dan memberi ruang insan kreatif masyarakat dalam sebentuk festival yang berkolaborasi dengan stake holder pariwisata dan pemerintah Kota Denpasar diharapkan terus dapat mengajegkan tradisi dan budaya luhur.

"Penyelamatan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sanur," tambah Arya Wibawa.

Ketua Umum Sanur Village Festival Ida Bagus Gede Sidharta Putra atau akrab disapa Gusde dalam sambutannya mengatakan, sejak kejadian pandemi Covid 19, Sanfest dua kali tidak diselenggarakan membuat tim Sanfest harus membangun kembali semangat maupun sistem management.

"Agar nanti di pelaksanaan Sanfest 2022 yang akan di gelar 17-21 Agustus mendatang di Pantai Matahari Terbit Sanur, tidak kikuk atau sudah siap dengan formasi baru yang solid.

Branding Sanfest yang terbangun hingga memasuki kegiatan tahun kelima belas ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan dari gelap menuju terang, sehingga Sanfest dapat berperan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan yang dinilai masih sangat lesu.  

“Kami terus berupaya meningkatan kualitas kemasan festival, sehingga disamping menjadi daya tarik yang mengesankan bagi para penggunjung, juga bagi promosi pariwisata agar wisatawan kembali datang ke Bali” katanya.

Menurut Gusde sepanjang tiga hari pelaksanaan Surya Road to Sanfest 2022 yang digelar 1-3 Juli 2022 ini menampilkan music, fashion, sunrise yoga, creative art, talkshow dan art exhibition, donor darah, pelepasan tukik, Sunday market,  serta bragam aneka fun bagi keluarga.

Namun, even ini masih dilanjutkan dengan digelarnya Sanur Motor Show di Pantai Mertasari 8-10 Juli 2022 dan Night Light Fun Run 6 Agustus 2022. ***

 

Editor: E. Ariana

Related Stories