Aruna Kenalkan Produk Perikanan Lokal ke Pasar Global

Aruna berpartisipasi dalam event GRACE di Bali sebagai upayanya mengkampanyekan agar masyarakat lebih gemar mengkonsumsi ikan. (Balinesia.id/ist)

Denpasar, Balinesia.id – Agregator rantai pasok dan perdagangan perikanan terpadu, Aruna, turut ambil bagian mengenalkan produk perikanan lokal ke pasar global. Langkah tersebut ditempuh melalui partisipasinya dalam event Green Restaurant & Creative Event (GRACE) yang diselenggarakan oleh Indonesia Food & Beverage Executive Association (IFBEC) Bali pada 18-20 November di Bali. 

CoFounder and Chief Sustainability Aruna, Utari Octavianty, Senin, 21 November 2022 mengatakan, selain berupaya mengenalkan produk tangkapan lokal ke pasar global, melalui partisipasinya dalam event tersebut mereka juga mendorong minat konsumsi masyarakat Indonesia untuk gemar mengkonsumsi ikan sebagai salah satu upaya untuk mencegah stunting. Seperti diketahui, ikan merupakan satu dumber daya protein yang baik untuk tubuh dan perkembangan otak.

Baca Juga:

“Kami juga mengajak konsumen untuk konsumsi ikan karena kaya akan vitamin. Ajakan konsumsi ikan ini kami kemas dalam kampanye #RevolusiProtein yang menjadi sebuah gerakan untuk mendukung peningkatan konsumsi ikan dalam skala nasional,” katanya.

Lebih jauh Utari menjelaskan, kampanye yang bertujuan mengajak masyarakat gemar mengkonsumsi ikan dilakukannya untuk menyemarakkan Hari Ikan Nasional. “Selain di GRACE, kami juga mengkampanyekan gagasan yang sama dalam kegiatan Festival Ikan Nusantara 2022 (FINA) yang diselenggarakan oleh Himpunan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (HA FPIK IPB) di Bogor,” kata dia.

Adapun GRACE menyajikan sejumlah kegiatan, seperti pameran, seminar, kompetisi memasak, dan live cooking demo. Dalam live cooking demo, Aruna menyajikan olahan seafood by Aruna yang fresh dan berkualitas ekspor sekaligus mengedukasi konsumen bahwa sumber protein lainnya juga dapat diperoleh dari produk seafood seperti ikan. Hal ini sejalan dengan fokus Aruna di sepanjang 2022 ini untuk gencar melakukan kampanye #RevolusiProtein.

“Aruna juga mengedukasi konsumen bahwa produk perikanan bermacam-macam. Ada yang dijual dalam bentuk fresh, olahan, dan fresh frozen. Seafood by Aruna dijual dalam bentuk freshfrozen di beberapa marketplace, seperti Tokopedia dan Shopee. Untuk jaminan mutu, tidak perlu diragukan lagi karena mulai dari proses penangkapan oleh nelayan hingga sampai ke tangan konsumen, semuanya sudah tersertifikasi,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories