APKASI Diharapkan Optimalkan Fungsi dan Mitra Kritis Strategis Pemerintah dalam Penyusunan Kebijakan Nasional

Bupati KLungkung Nyoman Suwirta saat menghadiri rapat koordinasi Koordinator Wilayah (Korwil) Bali, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Hotel Whyndam Tamansari Jivva Resort, Kabupaten Klungkung, Senin 10 Juli 2023. (Humas Pemkab Klungkung)

Klungkung, Balinesia.id - Bupati Klungkung Nyoman Suwirta berharap Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) apat lebih optimal dalam menjalankan fungsi sebagai mitra kritis dan strategis pemerintah dalam penyusunan kebijakan nasional tentang pemerintahan daerah.

"Mari bersama-sama bersinergi yang baik dan bekerja secara profesional dalam meningkatkan pembangunan di daerah dimasing-masing," Kata Nyoman Suwirta saat menghadiri rapat koordinasi Koordinator Wilayah (Korwil) Bali, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Hotel Whyndam Tamansari Jivva Resort,  Kabupaten Klungkung, Senin 10 Juli 2023.

Rakor dihadiri Wakil Ketua Umum Apkasi, Dr. H.M Dadang Suprianta, dan Para pimpinan OPD masing-masing Kabupaten se-Bali.

Selaku Kordinator Wilayah APKASI Provinsi Bali, Nyoman Suwirta mengatakan keberadaan dari Apkasi ini berperan lebih aktif sebagai penyedia advokasi, mediasi dan fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat.

Tentunya dengan segala potensi-potensi yang dimiliki di masing-masing daerah bisa dikembangkan untuk mensejahterakan masyarakat.

"Kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri apa yang menjadi potensi seperti sektor pariwisata mari kita promosikan bersama-sama untuk kemajuan daerah,” harap Bupati Nyoman Suwirta.

APKASI sebagai fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah pusat, Memfasilitasi kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi.

Juga, pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar pemerintah daerah serta mendorong promosi potensi daerah untuk meningkatkan pencitraan daerah dalam rangka menghadapai persaingan regional dan global.

"Apkasi yang bermitra dengan pemerintah pusat dalam rangka diseminasi dan sosialisasi berbagai peraturan dan perundang-undangan, serta kebijakan di bidang otonomi daerah," imbuh Bupati Nyoman Suwirta.

Wakil Ketua Umum Apkasi, Dr. H.M Dadang Suprianta, menyampaikan persoalan inflasi menjadi perhatian kita bersama.

Upaya-upaya aktif untuk mengendalikan inflasi daerah perlu terus kita lakukan bersama. 
Pihaknya juga mengapresiasi Bupati Klungkung selaku Korwil Bali yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik.

Harapannya, melalui forum ini sumbang menjadi solusi atas permasalahan di daerah yang sedang kita hadapi bersama, sehingga dalam Rakernas Apkasi XV diselenggarakan bersama dengan Apkasi Otonomi Expo 2023 pada 20 Juli 2023 mendatang di ICE BSD Tanggerang bisa dibahas. ***


Related Stories