Angkasa Pura I Optimistis Pulih dan “Take Off” Kembali pada 2023

Perayaan HUT ke-59 PT Angkasa Pura I. (Balinesia.id/IST)

Jakarta, Balinesia.id – Angkasa Pura I optimistis kinerja operasioanal perusahaan meningkat di tahun 2023. Memasang target 68 juta pergerakan penumpang, perusahaan plat merah yang menauingi 15 bandara ini siap pulih dan take off kembali.

"Transformasi perusahaan yang sedang kami laksanakan ini menjadi sangat penting, karena diharapkan akan menjadi percepatan bagi Angkasa Pura I untuk pulih dan take off kembali di tahun 2023,” kata Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam sambutan HUT ke-59 Angkasa Pura I di Jakarta, Senin, 20 Februari 2023.

Ia mengatakan, hantaman pandemi Covid-19 dalam tiga tahun terakhir telah berdampak luar biasa pada industri penerbangan. “Namun, saat kita tidak mampu lagi untuk mengubah situasi, kita ditantang untuk mengubah diri kita sendiri. Perubahan diri menjadi salah satu aksi untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi di sekeliling kita untuk tetap bisa survive,” katanya.

Baca Juga:

Faik Fahmi menyoroti kinerja perusahaan yang ia pimpin pada 2022 yang tampak meningkat. Trafik penerbangan Angkasa Pura I pada tahun lalu tercatat sebesar 52,3 juta penumpang di 15 bandara, atau tumbuh signifikan sebesar 85,3 persen dibandingkan 2021.

Pencapaian kinerja 2022 juga dilengkapi dengan perolehan penghargaan baik nasional maupun internasional, di antaranya adalah 18 penghargaan Airport Service Quality Awards (ASQ Awards) dari Airport Council International (ACI) kepada 8 bandara. Pencapaian ini merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah Angkasa Pura I. 

Baca Juga:

Oleh karena itulah, dengan mengambil momentum usia perusahaan yang ke-59, yang mengusung tema “Transform to Elevate”, Angkasa Pura I siap menyongsong 2023 sebagai tahun yang penuh peluang sekaligus tantangan. 

“Momentum pertumbuhan industri aviasi yang terjadi pada 2022 akan diteruskan di tahun ini, serta diiringi dengan peningkatan kinerja operasional dan keuangan perusahaan. Tujuan peningkatan performa perusahaan ini tercermin melalui kata elevate yang tercantum dalam tagline, ‘Transform to Elevate’ yang menjadi tema HUT ke-59 perusahaan,” katanya.

Baca Juga:

Pada atahun 2023, pihaknya menarget mampu mleayani 68 juta pergerakan penumpang di seluruh bandara yang ia kelola. Untuk mewujudkannya, pihaknya pun tengah fokus merealisasikan dan menerapkan transformasi perusahaan dengan mengusung tiga pilar utama, yaitu business turnaround, organization and culture, dan financial restructuring, serta satu pilar sebagai key enabler yaitu digitalisasi.

“Dengan fokus merealisasikan dan menerapkan transformasi perusahaan secara menyeluruh, kami berharap akan dapat mewujudkan roadmap jangka Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) serta dapat meningkatkan kinerja dan menciptakan bisnis ke depan yang berkelanjutan,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories