Adidas Resmi Perkenalkan Bola UEFA Euro 2024

Kejuaraan antar negara Eropa tersebut akan digelar pada 14 Juni hingga 14 Juli 2024 dengan Jerman sebagai tuan rumahnya. (Adidas)

HERZOGENAURACH - Adidas perkenalkan bola resmi untuk perhelatan UEFA Euro 2024, kejuaraan antar negara Eropa yang akan digelar pada 14 Juni hingga 14 Juli 2024 dengan Jerman sebagai tuan rumahnya. Bola tersebut diberi nama Fussballiebe yang memiliki arti ‘love of football’ atau kecintaan pada sepak bola. Bola resmi ini juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir yang diberi nama Connected Ball Technology dan menjadi teknologi yang pertama kali diterapkan dalam UEFA Euro 2024.

 Teknologi tersebut mampu mengirimkan data bola akurat ke video match officials secara real time. Teknologi terbaru Adidas ini bekerja dengan menggabungkan data posisi pemain dengan kecerdasan buatan. 

Adidas menyebutkan inovasi teknologi Connected Ball Technology nantinya akan berkontribusi pada teknologi offside semi-otomatis UEFA dan akan menjadi kunci untuk mendukung pengambilan keputusan pertandingan dengan lebih cepat. 

Dikembangkan melalui kerja dengan Kinexon, Connected Ball Technology juga dapat membantu petugas VAR mengidentifikasi setiap sentuhan individu pada bola, sehingga mengurangi waktu yang dihabiskan untuk memutuskan bila terjadi handball dan penalti.

Selain itu, Adidas juga menghadirkan sejumlah teknologi dalam bola Fussballiebe. Teknologi tersebut diantaranya adalah CTR-CORE, yaitu  inti inovatif di dalam bola yang dirancang untuk akurasi dan konsistensi, mendukung permainan yang cepat dan tepat dengan bentuk dan retensi udara maksimum. 

Inti terdiri dari dua komponen, bola dalam zero waste yang mengandung karet alam terbarukan dan karkas yang terbuat dari kain PES bertambal ganda yang memberikan kekuatan dan bentuk pada bola dalam.

Kemudian teknologi Precisionshell yaitu kulit poliuretan (PU) bola yang memiliki tekstur mikro dan makro serta bentuk panel 20 bagian dan mampu meningkatkan aerodinamis bola. 

Selain menggunakan polyester daur ulang dan tinta berbahan dasar air, Adidas menghadirkan bola yang ramah lingkungan dibandingkan bola pertandingan resmi yang dibuat Adidas sebelumnya. Setiap lapisan bola dibuat dengan bahan-bahan ramah lingkungan seperti serat jagung, tebu, pulp kayu dan karet, tanpa mempengaruhi kinerjanya.

Adidas menyebutkan desain Fussballiebe mencerminkan gerakan bola dan dinamika permainan melalui bentuk sayap hitam yang mencolok, diperkaya dengan aksen warna cerah, lengkungan, dan titik-titik. Penggunaan warna merah, biru, hijau, dan oranye yang mencolok merepresentasikan semangat yang dibawa oleh negara-negara peserta dalam turnamen dan kesederhanaan esensi sepak bola. Setiap stadion yang menjadi tempat turnamen diilustrasikan pada bola bersama dengan nama kota tuan rumah.

“Saat merancang Bola Pertandingan Resmi ini, kami terinspirasi oleh energi dan keragaman turnamen serta kecintaan Eropa terhadap sepak bola. Oleh karena itu, kami berharap FUSSBALLIEBE akan membawa kegembiraan di mana pun ia berada,” ujar VP Product and Design adidas Football, Sam Handy dalam keterangan resmi pada 16 November 2023.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 17 Nov 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories