KAI Lanjut Kerja Sama dengan Perusahaan Kereta Jepang

KAI Lanjut Kerja Sama dengan Perusahaan Kereta Jepang ((Foto: PT KAI))

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dan PT KAI Commuter Indonesia (PT KCI) dikabarkan telah melanjutkan kerja sama dengan perusahaan kereta api asal Jepang, East Japan Railways Company (JR East). Dilanjutkannya kerja sama ini ditandai dengan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman kerja sama oleh kedua pihak di Tokyo Jepang pada Senin, 27 November 2023.

MoU tersebut ditandatangani oleh Direktur SDM dan Umum KAI Suparno, Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto, dan Senior Executive Officer Director General of International Affairs Headquarters JR East Shunzo Miyake dengan disaksikan Komisaris Utama KAI Said Aqil Siroj dan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo. 

Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani ini akan berlaku satu tahun ke depan sampai 31 Desember 2024. Kedua belah pihak dalam Nota Kesepahamannya menyetujui ruang lingkup meliputi pendidikan dan pelatihan, pengembangan berorientasi transit, pertukaran sumber daya manusia yang ahli berdasarkan permintaan, pertukaran informasi dan penyelesaian masalah perkeretaapian, serta bidang lainnya yang terkait.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyatakan Nota Kesepahaman ini merupakan pembaruan dari kerja sama yang telah dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Didiek mengatakan KAI Group akan erus bersinergi dengan perusahaan kelas dunia salah satunya JR East. Perusahaan asal Jepang ini memiliki pengalaman perkeretaapian serta reputasi yang sangat baik untuk keselamatan, pelayanan, dan ketepatan waktu.

“Kerja sama ini sangat penting untuk pembangunan SDM di KAI Group berkaitan dengan implementasi sistem keselamatan perekeretaapian di Indonesia,” kata Didiek dalam keterangannya. Didiek menuturkan pengembangan SDM juga terus dilakukan untuk saling support kebutuhan tenaga kerja operator perkeretaapian Indonesia dan Jepang melalui kerja sama yang dilakukan.

Sebelumnya sudah menjadi pengetahuan bersama antara KAI Commuter dan JR East telah bekerja sama pengembangan perkeretaapian khususnya KRL Commuter Line. Salah satu kerja sama yang dilakukan adalah pengadaan sarana dan suku cadang kereta api. Namun tidak hanya hal itu saja terdapat beberapa lingkup bidang usaha non Perkeretaapian yang dikerja samakan.

KAI Group berkomitmen untuk terus membangun transportasi yang efisien, ramah lingkungan, terjangkau oleh masyarakat, serta dengan mempertimbangkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) melalui Nota Kesepaham yang dilakukan dengan perusahaan asal Negeri Sakura itu.

Kolaborasi tersebut diharapkan mampu mendukung upaya KAI dalam meningkatkan keterampilan SDM KAI dan menjalankan kereta api dengan zero accident. Dengan begitu, maka semakin banyak masyarakat yang menggunakan kereta api sebagai transportasi andalannya. “Semoga MoU ini dapat memberikan nilai tambah bagi KAI maupun JR East,” tutup Didiek.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 28 Nov 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories