Adi Arnawa Dorong Badung Jadi Sentra Penyelenggaraan MICE

Wayan Adi Arnawa (Balinesia.id/ist)

Badung, Balinesia.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung, Wayan Adi Arnawa mendorong Kabupaten Badung menjadi sentra penyelenggaraan event Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions (MICE). Menurutnya, Badung sudah memiliki potensi yang besar untuk menyelenggarakan MICE dalam skala nasional maupun internasional.

Ia mengatakan, hal tersebut telah terbukti melalui suksesnya penyelenggaraan KTT G20 di Nusa Dua pada medio November 2022 silam. “Keberadaan fasilitas penunjang MICE untuk berbagai jenis acara bisa di jumpai di Kabupaten Badung. Termasuk diantaranya hotel-hotel bintang lima dan enam yang mempunyai fasilitas ruang konferensi dan rapat yang lengkap,” katanya saat menerima jajaran Indonesia Dwipa Tourism Industry di Puspem Badung, Kamis, 12 Januari 2023.

Menurutnya, potensi pariwisata Badung di bidang MICE perlu dioptimalkan pasca suksesnya gelaran KTT G20. Program MICE di Kabupaten Badung sangat ideal bagi perusahaan, kantor, atau organisasi untuk menggelar acara. Karena mereka tidak akan kesulitan membuat perencanaan kegiatan, termasuk menyesuaikan programnya dengan pilihan lokasi, fasilitas, nuansa, tema, dan lainnya. Penyelenggara kegiatan juga dapat memilih berbagai lokasi dan suasana di Badung. Misalnya saja kawasan pantai di Nusa Dua, Kuta, Seminyak, dan pantai lainnya di Badung.

Baca Juga:

“Selain itu, hampir di berbagai wilayah di Badung terdapat hotel yang didukung dengan Ballroom, ruang rapat, ataupun sarana rekreasi untuk pesertanya. Sering kali, program meeting yang diadakan juga dibarengi dengan program perjalanan insentif, misalnya outbound atau team building, Corporate Social Responsibility (CSR), kunjungan objek wisata, dan wisata adventure,” katanya.

Di samping, lanjutnya, potensi penyelenggaraan pameran produk (exhibition) di Badung juga bisa menjadi daya tarik wisata. “Ini karena selain warga Bali, pengunjung pameran dapat datang dari wisatawan mancanegara yang datang ke Badung untuk melihat langsung produk yang dipamerkan sekaligus berinteraksi maupun bertransaksi,” kata dia.

Adapun audiensi yang digelar Indonesia Dwipa Tourism Industry terkait dengan penyelenggaraan Indonesia's Time to Speak Up (ITTSU). ITTSU adalah event terbesar dan multi event pada tanggal 2-6 Februari 2023. Acara ini akan diselenggarakan di Bali untuk mempertemukan buyers dari seluruh dunia dengan best seller dari seluruh Indonesia. rls/jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories