7 Kesalahan yang Membuat Ponsel Android Anda Jadi Makin Lemot

7 Kesalahan yang Membuat Ponsel Android Anda Jadi Makin Lemot (Freepik)

JAKARTA - Apakah ponsel Android Anda terasa lambat akhir-akhir ini? Apakah Anda jadi merasa kesal dengan kinerjanya yang lambat dan aplikasi yang tidak responsif?

Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak pengguna Android yang tidak sadar melakukan kesalahan tertentu yang dapat memperlambat perangkat secara signifikan.

Berikut beberapa kesalahan yang Anda lakukan yang membuat smartphone Android Anda jadi lambat.

Penyebab Ponsel Android Jadi Lemot

1. Mengabaikan Pembaruan Perangkat Lunak

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan pengguna Android adalah mengabaikan pembaruan sistem operasi atau software terbaru. Padahal, pembaruan ini sering kali mencakup perbaikan bug penting, patch keamanan, dan peningkatan kinerja ponsel. 

Untuk menjaga kinerja smartphone Android Anda tetap optimal, jangan abaikan pembaruan perangkat lunak. Biasanya, sebagian besar pembaruan perangkat lunak muncul sebagai pemberitahuan pop-up. 

2. Mengizinkan Background Process Secara Berlebihan

Aplikasi yang berjalan di background secara berlebihan dapat menghabiskan sumber daya sistem ponsel Anda yang berharga. Jika hal ini terjadi berulang kali, pada akhirnya akan memperlambat kinerja smartphone Anda. 

Smartphone Android cukup baik dalam menangani aplikasi yang bekerja di background. Namun, mungkin ada lebih banyak aplikasi yang menumpuk di background ponsel daripada yang Anda perlukan. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dan menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu Anda jalankan di latar belakang.

3. Menggunakan Widget

Meski widget dapat memberikan akses cepat ke informasi, terlalu banyak widget di beranda layar ponsel Anda justru dapat memengaruhi kinerja ponsel. Hal ini karena widget adalah ekstensi tambahan dari aplikasi yang sudah berjalan di ponsel cerdas Anda. Oleh karena itu, lebih baik Anda membatasi jumlah widget di layar beranda ponsel.

4. Kehabisan Storage

Ruang penyimpanan atau storage di ponsel yang tidak mencukupi dapat menghambat kinerja perangkat Anda. Selain prosesor dan RAM, ruang penyimpanan internal merupakan faktor penting lainnya agar ponsel Android Anda dapat berjalan dengan baik. 

Tidak peduli seberapa kuat chipset yang terdapat pada ponsel Anda, jika penyimpanannya kelebihan beban, Anda pasti akan melihat penurunan kinerja pada ponsel. Oleh karena itu, biasakan selalu untuk menghapus file dan aplikasi yang tidak diperlukan dari ponsel Android Anda. 

5. Instal Aplikasi dari Sumber Tak Dikenal

Aplikasi yang diinstal dari sumber tidak resmi dapat menimbulkan risiko keamanan termasuk malware. Tentu saja malware adalah salah satu hal paling menjengkelkan yang bisa muncul di ponsel Android.

Tak hanya menimbulkan iklan-iklan yang tidak diperlukan, malware juga menghabiskan sebagian besar daya ponsel Anda. Malware juga dapat menjalankan banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang yang akan memperlambat ponsel cerdas Anda. 

6. Mendapat Notifikasi Berlebihan

Notifikasi yang hadir secara terus menerus akan mengganggu alur kerja dan menghabiskan masa pakai baterai. Selain itu, menerima banyak notifikasi secara terus menerus akan memberikan tekanan berlebihan pada prosesor ponsel.

Oleh karena itu, pastikan Anda menyesuaikan pengaturan notifikasi dengan menyalakannya pada aplikasi yang penting bagi Anda saja.

7. Membiarkan Baterai Terkuras Hingga Nol

Sering membiarkan baterai ponsel sampai terkuras habis dapat memperpendek masa pakainya dan memengaruhi kinerja secara keseluruhan. Para ahli menyarankan agar Anda menjaga tingkat baterai antara 20% dan 80% untuk kinerja optimal dan umur panjang. 

Hal ini karena baterai Lithium-ion di ponsel bekerja dengan siklus hidup. Baterai akan terkuras sedikit setiap kali menyelesaikan satu siklus penuh. Satu muatan penuh dari 0 hingga 100% disebut sebagai satu siklus. Oleh karena itu, usahakan selalu menjaga level baterai Anda antara 20% hingga 80% untuk memperpanjang masa pakai baterai Anda.

Itu tadi beberapa kesalahan menggunakan ponsel Android yang membuat kinerja ponsel jadi semakin lambat.

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories