6 Jenis Pengeluaran yang Disesalkan oleh Fans K-Pop

Banyak Fans K-Pop Mengaku Menyesal Karena Keluarkan Banyak Uang untuk 6 Hal Ini (Istimewa)

JAKARTA - Industri K-Pop tampaknya memang tak ada habisnya untuk dibicarakan. Gemerlapnya industri tersebut memang membawa kegembiraan, kekaguman, dan tidak terkecuali pengeluaran-pengeluaran yang kemudian disesali.

Dikutip dari laman Koreaboo pada Selasa, 30 Januari 2024, beberapa fans K-Pop mengungkapkan penyesalan terbesar mereka karena telah mengeluarkan banyak uang untuk pembelian tidak perlu. 

Pengeluaran yang Disesali oleh Fans K-pop

1. Memilih Memberi Suara atau Berdonasi  Dana

Sebagian penggemar mengeluarkan uang mereka untuk mendukung artis favorit melalui donasi atau membeli album dengan harapan membantu mereka meraih kesuksesan. 

Meskipun tujuannya mulia, beberapa penggemar mengakui bahwa mereka mungkin lebih baik menghabiskan uang mereka untuk sesuatu yang lebih nyata dan langsung terasa.

2. Majalah

Pembelian majalah K-Pop mungkin tampak menarik, namun, masalahnya muncul ketika penggemar kesulitan menyimpan dan menampilkan majalah tersebut. Selain itu, konten majalah sering tersebar secara online, membuat keputusan ini menjadi penyesalan bagi sebagian penggemar.

3. Mengoleksi Semua Versi dari Setiap Album

Seiring dengan popularitasnya, banyak album K-Pop dirilis dalam berbagai versi. Meskipun beberapa penggemar menemukan kegembiraan dalam mengoleksi semua versinya, banyak dari mereka akhirnya menyadari bahwa perbedaan antara versi tersebut mungkin hanya terletak pada photocard dan beberapa foto baru, sementara inti album tetap sama. 

4. Lightstick

Penggemar K-Pop sering kali membeli lightstick dari grup favorit mereka untuk merasakan pengalaman konser yang lebih seru. Namun, beberapa dari penggemar ini mengeluhkan kualitas lightstick yang tidak sebanding dengan harganya yang terhitung mahal. Selain itu, lightstick cenderung hanya bisa digunakan saat menghadiri konser, sehingga penggunaannya terbatas.

5. Photocard Mahal

Fase pengumpulan photocard dapat memberikan kegembiraan tersendiri bagi sebagian penggemar, tetapi membeli photocard langka dengan harga tinggi dapat menjadi sumber penyesalan. 

Beberapa penggemar merasa telah menghabiskan lebih banyak uang daripada yang mereka rencanakan untuk mendapatkan kartu foto tersebut.

6. Album

Meskipun album K-Pop menjadi salah satu barang koleksi utama, beberapa penggemar mengaku mencapai titik di mana mereka menyesali keputusan untuk membeli album. Alasan utamanya adalah album hanya akan memakan banyak ruang penyimpanan hingga pada akhirnya, beberapa penggemar memutuskan untuk menjualnya.

Meski begitu, seiring perjalanan mereka sebagai penggemar K-Pop, banyak yang mengakui bahwa pengalaman dan hobi ini tetap berharga meskipun terdapat penyesalan dalam beberapa pengeluaran. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 03 Feb 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories