5 Tanda Anda Telah Mencapai Kesejahteraan Keuangan

5 Tanda Anda Telah Mencapai Kesejahteraan Keuangan (Freepik)

JAKARTA - Memiliki kondisi keuangan yang stabil tentu menjadi tujuan umum yang diinginkan oleh setiap orang. Meskipun menjadi kaya seringkali menjadi impian yang lumrah diucapkan, kesejahteraan ternyata tidak hanya ditentukan oleh tingkat kekayaan. Terkadang, menjadi orang kaya justru membawa dampak negatif, seperti pengeluaran yang tidak terkendali karena utang kartu kredit atau pinjaman pribadi.

Sebaliknya, orang yang sejahtera tidak hanya memiliki keuangan yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mereka bahkan mampu menjalani kehidupan layak tanpa harus terus-menerus bekerja. Di tengah inflasi dan ketidakpastian ekonomi, banyak orang mencari tahu apakah mereka dapat dianggap sejahtera. Oleh karena itu, mari kita simak beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang telah mencapai kesejahteraan keuangan.

Tanda-tanda Anda Mencapai Kesejahteraan dalam Keuangan

1. Kesejahteraan Anda Tidak Ditentukan oleh Angka

Salah satu alasan banyak orang tidak menyadari kekayaan mereka adalah karena mereka kerap membandingkannya dengan orang lain. Padahal, penampilan bisa menipu, dan sebaiknya kita tidak perlu membandingkan diri kita dengan standar kekayaan orang lain. Kesejahteraan seharusnya ditentukan oleh kepentingan pribadi, bukan angka tertentu.

2. Bebas dari Utang

Utang adalah beban finansial yang besar. Meskipun seseorang memiliki barang mewah, seperti mobil mahal, kebebasan finansial sebenarnya terletak pada ketidaktergantungan pada utang. Mampu hidup tanpa tekanan utang adalah salah satu tanda kesejahteraan.

3. Kekayaan Bersih Meningkat

Meski seseorang mungkin belum mencapai kesejahteraan sepenuhnya, peningkatan kekayaan bersih adalah pertanda positif Anda meraih kesejahteraan dalam keuangan. Jika seseorang dapat meningkatkan tabungan dan investasinya dari tahun ke tahun, hal itu menunjukkan progres menuju kesejahteraan.

4. Mendapatkan Tunjangan dari Pekerjaan

Tunjangan dari pekerjaan, seperti asuransi kesehatan atau cuti berbayar, dapat berkontribusi pada kesejahteraan seseorang. Mendapatkan benefit tambahan dari pekerjaan adalah tanda bahwa seseorang tidak hanya hidup untuk bekerja, tetapi juga menikmati keuntungan yang diberikan oleh tempat kerja.

5. Tidak Bergantung pada Gaji Bulanan

Jika seseorang dapat hidup tanpa terlalu tergantung pada gaji bulanan dan tidak lagi hidup dari gaji ke gaji, itu menunjukkan bahwa keuangan mereka terorganisir dengan baik. Kehidupan tanpa utang yang signifikan dan dengan aset atau dana pensiun yang memadai mencerminkan kesejahteraan yang telah dicapai.

Itu tadi pertanda Anda memperoleh kesejahteraan keuangan.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories