5 Kebiasaan Positif yang Harus Dilakukan Selama Ramadan

5 Kebiasaan Positif yang Harus Dilakukan Selama Ramadan (Pexels)

JAKARTA - Bulan suci Ramadan tidak hanya waktu untuk membersihkan diri secara spiritual dan memperdalam hubungan dengan Tuhan, namun juga merupakan waktu refleksi melakukan pencarian batin untuk mengidentifikasi apa yang dapat dilakukan dengan lebih baik dan berbeda.

Ibadah puasa ternyata lebih dari sekadar tidak boleh makan dan minum tapi juga mengajarkan kita untuk disiplin, tidak bergosip, berbohong, atau menjelek-jelekkan orang lain.

Singkatnya, Ramadan hadir untuk mengajari bagaimana menjadi manusia yang lebih baik. Selain itu, bulan ini juga jadi waktu yang tepat bagi kita untuk melakukan perbaikan pada diri kita sendiri.

Untuk melakukannya, Anda bisa menerapkan beberapa kebiasaan seperti berikut.

Kebiasaan yang Perlu Disiplin Dilakukan Selama Ramadan

Spiritualitas

Seperti yang dilansir dari laman Egypt Today, bulan Ramadan adalah momen yang tepat untuk mengembangkan spiritualitas dan membangun hubungan yang lebih dalam kepada Tuhan. Selain itu, Ramadan juga bulan yang tepat untuk memperbaharui keimanan.

Disiplin

Ada banyak cara Ramadan mengajarkan untuk menjadi orang yang disiplin. Puasa mengajarkan manusia untuk bertekad mengendalikan keinginan dan tidak menyerah pada godaan.

Dengan latihan mengembangkan sifat tersebut, akan sangat berdampak positif pada kehidupan sehari-hari. Disiplin juga membuat kita jadi lebih produktif dan berkomitmen terhadap tujuan dan sasaran kita.

Kasih Sayang dan Empati

Semua agama tentu mengajarkan pentingnya berbelas kasih dan berempati terhadap orang-orang di sekitar. Ramadan ini juga mendorong masyarakat untuk menerapkan sifat-sifat tersebut untuk mempraktikan tindakan memberi dan berdonasi kepada yang membutuhkan.

Dengan mencurahkan waktu dan upaya untuk berkontribusi positif, kita dapat menjadi manusia yang lebih baik dan hidup jadi lebih bermakna.

Pengampunan

Ramadan menjadi momen yang tepat untuk melepaskan amarah dan dendam. Bulan ini juga waktu yang tepat bagi kita untuk merenungkan kesalahan di masa lalu dan mencoba untuk mencari ampun dari Tuhan dan orang-orang.

Tidak hanya itu, sikap ini jika dipraktikkan sehari-hari juga akan membuat kita mudah memaafkan orang yang berbuat salah kepada kita dan membantu kita jadi lebih toleran.

Bersyukur

Saat kehidupan berjalan lebih lambat selama Ramadan, kita jadi punya banyak waktu untuk mengingat dan mensyukuri segala nikmat yang terkadang kita anggap remeh.

Hal ini juga dapat membuat kita jadi lebih dekat kepada Tuhan dan bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan.

Itu tadi beberapa kebiasaan positif yang dapat dipraktikkan di kehidupan sehari-hari saat Ramadan. Selamat mencoba!

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories