5 Rekomendasi Destinasi Wisata dengan Hawa Sejuk di Jawa Tengah

Telaga Sunyi, Baturraden (dok. trenasia.com/ Khafidz Abdulah Budianto)

JAKARTA - Fenomena El Nino yang melanda Indonesia dapat berdampak pada cuaca setiap harinya yang terasa panas dan terik. Kondisi ini hampir dirasakan  masyarakat Indonesia pada umumnya. 

Berwisata ke tempat yang sejuk dan dingin tentu menjadi pilihan asyik di cuaca saat ini. Berikut sejumlah rekomendasi wisata “ngadem” di Jawa Tengah.

Rekomendasi Wisata dengan Suasana Sejuk di Jawa Tengah

Tawangmangu

Tawangmangu merupakan sebuah tempat di kaki Gunung Lawu yang sudah lama terkenal sebagai objek wisata. Terdapat banyak pilihan wisata yang berada di tempat ini. Lokasinya yang berada di kaki gunung menyebabkan hawa di Tawangmangu terasa lebih sejuk meskipun kala siang hari. Objek wisatanya pun cukup beragam mulai dari yang buatan hingga alami.

Bila ingin menikmati dinginnya air, wisatawan dapat mengunjungi wisata Grojogan Sewu. Namun bila hanya ingin duduk bersantai menikmati hawa dan view gunung terdapat puluhan café maupun warung pinggir jalan yang menawarkan tempatnya untuk menikmati hal tersebut. Tawangmangu juga dilengkapi dengan pasar sehingga kian melengkapi destinasi wisatawan.

Dataran Tinggi Dieng

Siapa tidak kenal dengan kawasan Dataran Tinggi Dieng. Kawasan ini kala musim kemarau justru akan memiliki suhu yang sangat dingin bahkan hingga mencapai 1 hingga 5 derajat celcius. Tak jarang kawasan ini akan diselimuti oleh butiran es atau embun upas kala pagi hari mengingat suhu yang cukup rendah. 

Kawasan ini cocok bagi wisatawan yang ingin ngadem sekaligus menikmati view indah pegunungan. Terdapat berbagai objek wisata di kawasan ini. Sebut saja Candi Arjuna, Telaga Warna, Kawah Sikidang dan masih banyak objek wisata lain di Dataran Tinggi Dieng. 

Baturraden

Masih terletak di Jawa Tengah, rekomendasi tempat ngadem berikutnya yaitu berada di Baturraden. Kawasan ini terletak tidak jauh dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Lokasinya berada di kawasan kaki Gunung Slamet menjadikan Baturraden memiliki hawa yang sejuk layaknya kawasan di sekitar gunung lainnya.

Aneka wisata buatan dan alami disuguhkan di Baturraden. Jika ingin menikmati dingin dan segarnya air, terdapat beberapa wisata curug dan telaga yang berada di lingkup tersebut. Tidak ketinggalan terdapat objek wisata hutan pinus yang cukup terkenal yakni Limpakuwus. Di kawasan ini juga terdapat penginapan jika wisatawan hendak berwisata lebih dari sehari.

Selo Boyolali

Tidak jauh dari Kota Surakarta, terdapat lokasi ngadem lainnya selain dengan Tawangmangu. Lokasi tersebut ialah Kawasan Selo di Boyolali. Letaknya berada di antara Gunung Merbabu dan Merapi yang menjadikan lokasi ini sama sejuknya seperti tempat-tempat yang telah disebutkan di atas.

Terdapat berbagai warung dan kafé yang menjajakan jajanan kepada wisatawan yang hendak sekedar menikmati pemadangan dan udara sejuk kawasan tersebut. Selain itu juga tersedia area penginapan di Selo yang memudahkan wisatawan apabila hendak menikmati kawasan tersebut lebih dari sehari.

Bandungan

Kawasan Bandungan berada di Kabupaten Semarang. Lokasi ini dapat menjadi pilihan untuk ngadem bagi masyarakat yang tinggal di Kota Semarang dan sekitarnya mengingat lokasinya cukup dekat dijangkau dari kawasan tersebut. Beragam wisata baik alami maupun buatan juga ditawarkan di Bandungan.

Salah satu wisata yang ikonik di daerah tersebut yaitu Candi Gedong Songo. Sebuah peninggalan sejarah yang berada di dataran tinggi tersebut. Selain itu terdapat wisata lainnya seperti Taman Bunga Celosia, Pondok Wisata Umbul Sidomukti, dan lain sebagainya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 23 Sep 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories