5 Kebiasaan Makan yang Buruk Saat Ramadan, Harus Dihindari!

5 Kebiasaan Makan yang Buruk Saat Ramadan, Harus Dihindari! (Freepik)

JAKARTA - Bulan suci Ramadan adalah momen yang tepat bagi kita tidak hanya mendekatkan diri kepada Tuhan dan fokus pada keagamaan, tapi juga menghilangkan kebiasaan tidak sehat dan jadi lebih disiplin.

Namun, kebiasaan makan saat Ramadan justru jadi tidak sehat dengan seringnya konsumsi makanan tidak sehat sebagai menu buka puasa.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa kebiasaan makan tidak sehat yang mungkin sering Anda lakukan, namun perlu dihindari agar tubuh jadi lebih sehat selama Ramadan.

Kebiasaan Buruk Saat Makan Selama Ramadan

1. Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Menjelang momen buka puasa, terkadang kita tergoda dengan segala makanan yang tersaji di meja makan. Namun, Anda harus mengingat bahwa makan secara berlebihan akan mengganggu fungsi tubuh dan organ tubuh setelah berjam-jam tidak makan sama sekali.

2. Makan Terlalu Cepat

Tidak peduli seberapa laparnya Anda, Anda tetap harus makan secara perlahan. Anda tidak hanya akan meluangkan waktu untuk menikmati makanan dan makan penuh perhatian, tapi juga akan membantu sistem pencernaan Anda.

Makan terlalu cepat akan menimbulkan mulas dan masalah pencernaan. Selain itu, Anda tetap perlu memberikan waktu yang cukup bagi otak untuk mengirimkan sinyal ke perut bahwa Anda sudah kenyang. Proses ini membutuhkan sekitar 20 menit sebelum mengirimkan sinyal.

3. Konsumsi Makanan Berminyak Terlalu Banyak

Konsumsi makanan berminyak sebetulnya sudah berdampak buruk bagi kesehatan, tapi mengonsumsinya saat perut sedang kosong justru dampaknya akan semakin buruk lagi.

Makanan berminyak dan berlemak tak hanya menambah berat badan tapi juga tidak memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh serta menyebabkan masalah pencernaan.

Oleh karena itu, usahakan sebisa mungkin untuk mengonsumsi makanan seimbang dengan mengonsumsi air putih dan kurma terlebih dahulu sebelum makan makanan berat.

4. Melewatkan Sahur

Anda tetap perlu sahur untuk memberikan energi pada tubuh sebagai persiapan puasa. Menu sahur Anda juga harus kaya akan serat, protein, dan vitamin agar Anda tetap kenyang selama berpuasa.

5. Konsumsi Terlalu Banyak kafein

Anda mungkin ingin menebus secangkir kopi yang tidak dapat Anda konsumsi di pagi hari, tapi minum kopi tepat sebelum tidur atau saat sahur akan berdampak negatif.

Minum minuman berkafein sebelum tidur akan memengaruhi kualitas tidur Anda sehingga Anda akan terbangun dengan sakit kepala parah akibat gangguan tidur. Tidak hanya itu, kafein juga akan membuat Anda merasa haus keesokan harinya.

Itu tadi beberapa kebiasaan makan yang buruk selama menunaikan ibadah puasa Ramadan yang harus Anda hindari mulai sekarang.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories