5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Anda Selamat dari Badai PHK

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Anda Selamat dari Badai PHK (Freepik.com)

JAKARTA - PHK seringkali terasa sebagai dampak paling buruk apalagi bagi mereka yang kehilangan pekerjaan. Namun, sebetulnya dampak dari PHK jauh lebih luas dari hal itu. PHK dapat mengganggu kestabilan budaya perusahaan, menurunkan semangat tim, dan merusak keamanan bagi pekerja yang masih bertahan di perusahaan.

Lalu, bagaimana jika orang yang tetap bertahan di perusahaan tersebut adalah Anda? Bagaimana cara Anda menavigasi tempat kerja di tengah ketidakpastian ini?

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti yang telah dirangkum dari Harvard Business Review.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Saat Anda Selamat dari PHK

1. Luangkan Waktu untuk Memproses Emosi Anda

Mencoba bertahan di perusahaan yang baru saja melakukan kebijakan layoff terutama saat resesi tentu akan terasa sangat membingungkan. Hal ini seringkali memicu rasa bersalah karena rekan kerjanya kehilangan pekerjaan sekaligus cemas tentang keamanan dari jabatan yang Anda miliki.

Oleh karena itu, penting bagi Anda meluangkan waktu untuk mengelola perasaan tersebut daripada menyembunyikan atau membiarkannya memengaruhi penampilan Anda di tempat kerja. Mungkin tidak egois jika Anda merasa bersyukur dan tidak salah jika Anda merasa kehilangan.

Ketika Anda mengalami kecemasan karena soal keamanan kerja, ada baiknya jika Anda tetap berfokus pada apa yang dapat Anda kendalikan yaitu kinerja pekerjaan Anda dan bagaimana Anda bergerak maju dari posisi ini.

2. Hubungi Rekan Kerja Anda

Setelah Anda meluangkan waktu untuk diri sendiri, tunjukkan dukungan kepada rekan-rekan dan teman-teman Anda yang telah dipecat. Mungkin hal ini akan tampak aneh pada awalnya, tapi akan menjadi lebih canggung jika Anda tidak menyadari apa yang sedang teman-teman Anda alami.

Jika Anda merasa kesulitan untuk menemukan kata-kata yang tepat ketika menghubungi mereka, cobalah menempatkan diri Anda pada posisi rekan kerja Anda. Meluangkan waktu untuk melatih empati akan membuat pesan Anda jadi lebih tulus.

3. Perjelas Tanggung Jawab Pekerjaan Anda Saat Ini

PHK apalagi jika tim Anda terkena berarti sekarang hanya tersisa sedikit orang untuk melakukan pekerjaan yang sama. Meski hal itu dapat membuat Anda berkembang karena mengerjakan proyek-proyek besar, hal ini juga dapat menyebabkan stres, terlalu banyak bekerja, dan kelelahan.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut segera adakan pertemuan dengan manajer Anda untuk mengetahui kejelasan dari posisi pekerjaan baru Anda sekarang sekaligus job description Anda.

4. Lakukan Refleksi Diri

Meski Anda masih memiliki pekerjaan, tanyakan kepada diri Anda apakah masih ingin bekerja sesuai peran Anda di perusahaan ini mengingat akan semua perubahan yang telah terjadi. Gunakan kesempatan ini untuk memikirkan karier Anda dan merenung.

Anda bisa mencoba merenungkan aktivitas Anda sehari-hari di tempat kerja, dan berilah peringkat dari aktivitas yang paling memberi energi hingga aktivitas yang paling melelahkan. Pikirkan tentang tugas apa saja yang membuat Anda bahagia dan sebaliknya.

5. Pahami Bagaimana Anda ingin Maju

Setelah melakukan refleksi diri, akan lebih baik lagi bagi Ana memahami keterampilan dan pengalaman baru apa yang paling menarik bagi Anda. Rencanakan pertemuan dengan manajer untuk membicarakan apa yang telah Anda pelajari. Sebaiknya lakukan hal ini setelah keadaan terasa lebih stabil, setidaknya tiga sampai enam bulan setelah badai PHK berlalu.

Itu tadi beberapa hal yang harus segera Anda lakukan saat ini selamat dari badai PHK di kantor tempat Anda bekerja.

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories