5 Ciri-ciri Anda Harus Mengganti Ponsel Lama dengan yang Baru

5 Ciri-ciri Anda Harus Mengganti Ponsel Lama dengan yang Baru (Freepik)

JAKARTA - Perkembangan teknologi seluler yang berkembang pesat, ponsel yang dapat berumur panjang adalah pertimbangan penting bagi para pengguna. 

Meski penggunaan kembali ponsel lama untuk penggunaan alternatif seperti jam alarm mungkin untuk dilakukan, ada saatnya Anda tetap harus beli ponsel baru.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui tanda-tandanya bahwa Anda perlu ganti ponsel baru.

Ciri-ciri Anda Harus Upgrade Ponsel

1. Ruang Penyimpanan Terbatas

Salah satu indikator utama bahwa ponsel Anda menunjukkan tanda-tanda penuaan adalah ponsel terus-menerus mendapatkan ruang penyimpanan. 

Hal tersebut bisa terlihat dari ponsel yang meminta Anda untuk terus menerus menghapus cache, menghapus instalasi aplikasi, dan menghapus foto atau file di ponsel Anda.

2. Baterai Terkuras dengan Cepat

Kelemahan dari ponsel yang menua sering kali adalah baterainya. Seiring bertambahnya usia perangkat, kapasitas baterai secara alami akan menurun sehingga mengurangi masa pakainya.

Ponsel yang tadinya andal dan dapat bertahan seharian penuh dengan nyaman kini kesulitan untuk bertahan hingga setengah hari. Anda jadi harus bergantung pada power bank atau membutuhkan colokan pengisian daya terdekat terus menerus.

3. Performa Jadi Lambat

Seiring berjalannya waktu, ponsel cenderung menjadi lebih lambat karena berbagai faktor. Meski ada beberapa langkah yang dapat diambil pengguna untuk mengoptimalkan kinerja, tetap ada batasan mengenai apa yang dapat dicapai oleh ponsel.

Ponsel kelas menengah atau kelas atas saat ini cenderung menua dengan lebih baik, tapi ponsel entry-level mungkin mengalami penurunan kecepatan yang nyata.

4. Ponsel Terasa Panas Secara Terus Menerus

Gejala lain yang terkait dengan kinerja ponsel yang lamban adalah muncul panas berlebih secara terus menerus. Ketika ponsel bekerja lebih keras dari seharusnya, ponsel cenderung jadi terlalu panas, terutama saat melakukan tugas-tugas sederhana.

Panas berlebih yang terus menerus ini tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna tapi juga menimbulkan risiko bagi kesehatan baterai.

Panas yang dihasilkan menunjukkan bahwa ponsel didorong melampaui kemampuannya untuk penggunaan normal atau tidak mampu memenuhi tuntutan kinerja aplikasi pada umumnya.

5. Kerusakan Fisik pada Ponsel 

Salah satu tanda paling jelas bahwa sudah waktunya ponsel Anda harus dipensiunkan adalah kerusakan fisik. Hal itu bisa terwujud baik itu layar yang retak, tombol yang tidak berfungsi, atau port pengisian daya yang hanya berfungsi jika kabel dimasukkan pada sudut yang sempurna, dan sebagainya.

Meski memperbaiki ponsel yang rusak adalah sebuah pilihan, analisis biaya menjadi sangat penting. Dalam banyak kasus, biaya perbaikan kerusakan mungkin memerlukan ongkos yang banyak. 

Itu tadi beberapa pertanda ponsel lama Anda harus segera dipensiunkan dan Anda harus membeli ponsel yang baru.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories