5 Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Harus Bekerja

5 Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Harus Bekerja (Freepik.com/KamranAydinov)

JAKARTA - Ketika Anda bisa tinggal di rumah dan bersantai sepanjang hari, sedikit mengantuk mungkin bukan menjadi masalah besar. Namun, kelelahan dan mengantuk saat bekerja dapat menimbulkan dampak yang fatal apalagi bagi Anda yang bekerja di lingkungan kerja di mana menjunjung tinggi keselamatan kerja.

Selain itu, mengantuk juga membuat Anda melewatkan pekerjaan hingga melebihi deadline sehingga meningkatkan beban kerja Anda. Jika hal ini sudah menjadi sebuah pola kerja Anda sehari-hari, pekerjaan Anda bisa terancam.

Untuk mencegah hal tersebut Anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut, seperti yang dirangkum dari laman Healthline.

Cara Mengatasi Rasa Mengantuk Saat Bekerja

1. Power Nap

Terkadang, memejamkan mata adalah satu-satunya cara untuk mengatasi rasa kantuk di siang hari. Jika Anda harus memejamkan mata, maka lakukan power nap sebentar saat istirahat makan siang.

Jika Anda memiliki ruangan sendiri, tutup pintu dan sandarkan kepala Anda di meja. Tidur siang selama 15 atau 30 menit dapat memberi Anda cukup energi untuk melanjutkan aktivitas Anda di hari tersebut.

2. Bangun dari Meja Anda

Duduk terlalu lama di satu tempat dapat memperburuk rasa kantuk di siang hari. Anda bisa mengatasinya dengan bangkit dari tempat kerja secara berkala dan berjalan-jalan sebentar yang akan membuat darah Anda mengalir. Hal ini juga akan membantu Anda tetap terjaga dan berkonsentrasi pada pekerjaan.

3. Dengarkan Musik yang Ceria

Jika Anda mengantuk saat bekerja, tetap melakukan pekerjaan dalam diam dapat menjadi hal yang membosankan dan membuat Anda mudah tertidur kapan saja. Untuk membangunkan otak Anda, cobalah mendengarkan musik yang ceria.

4. Cuci Muka dengan Air Dingin

Jika Anda kesulitan untuk tetap terjaga di tempat kerja, pergilah ke kamar mandi dan percikkan air dingin ke wajah Anda. Cara sederhana ini akan membantu menyegarkan Anda kembali sekaligus memberikan semangat yang sangat Anda butuhkan.

5. Tetap Sibuk

Rasa kantuk di siang hari dapat diperburuk oleh terlalu banyaknya waktu istirahat. Tergantung pada sifat pekerjaan Anda, Anda mungkin mengalami saat-saat ketika pekerjaan Anda lebih sedikit dari biasanya.

Jika Anda tidak banyak melakukan pekerjaan, Anda mungkin merasa bosan dan lelah. Anda bisa mencoba meminta ke atasan untuk mendapatkan pekerjaan tambahan yang ringan.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa kantuk saat harus bekerja. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories