Waspada! Ini Daftar Merek Kurma Produk Israel yang Dijual Jelang Ramadan

Waspada! Ini Daftar Merek Kurma Produk Israel yang Dijual Jelang Ramadan (Freepik.com/azerbaijan_stockers)

JAKARTA - Menjelang bulan Ramadan atau puasa, buah kurma sering diburu banyak orang untuk menemani waktu berbuka. Namun dari banyaknya merek kurma, ternyata beberapa ada yang berasal dari Israel.

Seperti yang Anda ketahui, boikot kurma Israel tengah menjadi gerakan yang digaungkan umat Islam jelang Ramadan tahun ini. Hal ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina yang menderita akibat serangan Israel.

Melansir Middle East Eye, adanya perang Israel yang sedang berlangsung mempersulit penjualan kurma Israel di negara Eropa. Ada sekitar sepertiga ekspor kurma tahunan oleh produsen kurma Israel dilakukan selama Ramadan namun pengawasan terhadap produk-produk Israel di kalangan komunitas Muslim.

Nilai ekspor kurma saja dari Israel adalah US$338 juta atau Rp5,32 triliun (kurs Rp15.700 per dolar AS)  pada tahun 2022, dibandingkan dengan ekspor buah-buahan lainnya senilai US$432 juta atau Rp6,8 triliun menurut data dari Kementerian Pertanian Israel.

Ekspor kurma ke Turki anjlok 50 persen pada Oktober tahun lalu, dan pasar tersebut menyumbang sekitar 10 persen dari seluruh ekspor kurma dari Israel.

Berikut Merek Kurma yang Berasal dari Israel:

1. Hadiklaim
2. King Solomon Dataes
3. Star Dates 
4. Jordan River 
5. Jordon Plains
6. Mehadrin 
7. Caxmel Agrexco
8. Galilee
9. Star Dates
10. Delillah

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 05 Mar 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories