5 Cara Menabung Dana Darurat Agar Keuangan Lebih Stabil

5 Cara Menabung Dana Darurat Agar Keuangan Lebih Stabil (Freepik)

JAKARTA, Balinesia.id - Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda harus menyisihkan sejumlah uang untuk keadaan darurat tapi masih tidak yakin bagaimana cara mewujudkannya. Mungkin Anda sudah menerapkan anggaran ketat tapi sayangnya selalu gagal untuk menjadikan tabungan dana darurat sebagai prioritas.

Jika Anda mengalami hal-hal seperti di atas, simak beberapa cara mengatasinya berikut ini!

Cara Membangun Dana Darurat

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar tabungan dana darurat bisa terwujud.

1. Langsung Menabung Ketika Mendapat Gaji

Trik pertama untuk membangun dana darurat adalah dengan tidak menunggu dan melihat uang yang tersisa yang Anda miliki di akhir bulan. Sebaiknya, di awal bukan setiap kali mendapat gaji, segera sisihkan sejumlah uang untuk tabungan dana darurat sebelum menggunakan uang tersebut untuk pengeluaran lainnya.

2. Otomatiskan Tabungan

Atur transfer otomatis dari rekening tabungan Anda di setiap awal bulan atau setiap kali Anda menerima gaji. Pendekatan ini akan memudahkan Anda untuk menyisihkan uang dalam jumlah tertentu dan tidak menggunakannya untuk keperluan lain.

3. Simpan Rezeki Nomplok

Tahan keinginan Anda untuk segera membelanjakan uang tambahan yang baru masuk ke rekening Anda. Jika Anda memperoleh uang bonus dan sebagainya sebaiknya segera simpan di dana tabungan darurat. Ingatlah bahwa setiap rezeki nomplok walau jumlahnya kecil akan membantu Anda lebih dekat dengan tujuan keuangan Anda.

4. Pangkas Anggaran

Bebaskan lebih banyak uang untuk ditabung dengan memangkas sebanyak yang Anda bisa. Pangkaslah biaya untuk hal-hal yang tidak diperlukan misalnya makan di luar tiga kali seminggu atau membayar subscription platform streaming yang sering tidak Anda tonton.

5. Terus Menabung Melampaui Tujuan Anda

Saat Anda mulai menabung untuk rekening darurat, ada baiknya jika Anda memiliki tujuan. Salah satu rekomendasi tujuannya yaitu misalnya dana darurat digunakan untuk biaya hidup selama tiga sampai enam bulan.

Lalu, jika hal itu sudah terkumpul dan terlaksana, Anda jangan berhenti menabung. Tidak ada istilahnya menabung dana darurat terlalu banyak, jadi pertahankanlah kebiasaan ini jika Anda bisa.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun dana darurat. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories