4 Jenis Makanan yang Harus Anda Konsumsi Saat Sahur

4 Jenis Makanan yang Harus Anda Konsumsi Saat Sahur (Freepik.com/mrsiraphol)

JAKARTA - Bulan Ramadan adalah bulan suci di mana umat Muslim menunaikan ibadah puasa mulai dari imsak sampai maghrib. Hal itu tentu membutuhkan kondisi tubuh yang fit dan prima agar dapat menunaikan ibadah wajib tersebut.

Oleh karena itu penting untuk memutuskan apa yang akan dimakan selama Ramadan khususnya saat sahur dan berbuka untuk membantu menjaga kondisi tubuh saat puasa,

Lalu, apa saja makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat sahur? Simak penjelasan berikut ini.

Makanan yang Boleh Dimakan Saat Sahur

Sahur harus menyehatkan karena tubuh memerlukan persiapan energi yang cukup untuk bisa bertahan selama berjam-jam puasa. Oleh karena itu, pastikan menu sahur Anda mencakup beberapa makanan sebagai berikut.

1. Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Buah-buahan dan sayur-sayuran kaya akan serat sehingga sangat penting saat puasa karena mampu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah sembelit. Selain itu, makanan tersebut mengandung vitamin, mineral, dan fitokimia yang penting untuk kesehatan.

2. Nasi dan Alternatifnya

Makanan tinggi karbohidrat berserat seperti nasi merah dan roti gandum membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Oleh karena itu, makanan tersebut akan membantu tubuh mempertahankan tingkat energi lebih lama.

3. Daging dan Alternatifnya

Ayam tanpa kulit, dan ikan adalah sumber protein yang baik sekaligus membatasi asupan lemak Anda. Selain itu, makanan tersebut juga akan membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh serta membangun sistem kekebalan tubuh Anda.

4. Makanan Kaya Kandungan Air

Makanan seperti mentimun, semangka, jeruk, dan sup merupakan makanan menghidrasi yang membantu menjaga tingkat hidrasi Anda selama jam puasa. Jenis makanan tersebut juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga menjadikannya pilihan yang sangat tepat untuk menu sahur dan berbuka puasa.

Tetap terhidrasi sangat penting selama Ramadan, karena puasa dapat menyebabkan dehidrasi terutama saat cuaca panas. Memasukkan menu makanan yang menghidrasi ke dalam diet Anda akan membantu mengisi kembali cairan yang hilang selama puasa dan mencegah gejala dehidrasi seperti kelelahan, sakit kepala, dan pusing. Memprioritaskan makanan yang menghidrasi saat sahur dan berbuka akan memastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik dan berenergi sepanjang hari.

Itu tadi beberapa jenis makanan yang perlu Anda konsumsi saat sahur.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories