3 Cara Sederhana Memulai Percakapan, Tak Perlu Malu!

Tak Perlu Takut! 3 Cara Sederhana Memulai Percakapan (Pexels)

JAKARTA - Pernahkah Anda merasa canggung atau malu ketika akan mengobrol dengan orang baru untuk pertama kalinya? Jangan khawatir. Pasalnya, hal ini wajar terjadi. 

Seorang dosen senior di departemen Psikologi University of Essex mengungkapkan berbicara dengan orang asing tidak dapat diprediksi sedari awal sehingga jauh lebih menantang dan berpotensi 'mengintimidasi' dibandingkan berbicara dengan pasangan, teman baik, keluarga, atau orang lain yang telah kita kenal.

Dilansir dari laman website techtello, berikut adalah 3 cara untuk memulai percakapan dengan orang asing.

Cara Memulai Percakapan dengan Orang Asing

1. Beri pertanyaan yang memancing orang lain untuk berbicara

Orang suka membicarakan tentang diri mereka. Cobalah untuk memancing pertanyaan dengan menanyakan sesuatu tentang mereka seperti hobi, kesukaan, hingga rekomendasi. 

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah dengan memberikan pertanyaan terbuka sehingga akan memancing lawan bicara untuk memberikan pendapat dari sudut pandang mereka.

2. Lebih banyak mendengar, dan lebih sedikit berbicara

Percakapan yang baik adalah percakapan yang seimbang porsinya antara mendengarkan dengan berbicara. Setelah memberikan pertanyaan, dengarkan penjelasan orang lain dengan sungguh-sungguh. Menyela pembicaraan dan terlalu banyak berbicara adalah cara paling cepat untuk merusak pembicaraan.

3. Tunjukkan kerentanan Anda

Banyak orang yang merasa malu ketika tidak tahu akan sesuatu. Tetapi bukannya bertanya mereka malah bersikap seolah-olah tahu dan memberikan gestur mengangguk dalam percakapan. 

Jangan berpura-pura tahu sesuatu ketika Anda tidak benar-benar tahu. Tunjukkan ketidaktahuan Anda dan menjadi penasaranlah. Ini akan membantu Anda memiliki hubungan jangka panjang yang berkualitas dengan seseorang.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 3 cara sederhana untuk memulai percakapan dengan orang asing. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 05 Feb 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories