5 Cara Mendapat Passive Income, Tetap Cuan Meski Tak Bekerja

5 Cara Mendapat Passive Income, Tetap Cuan Meski Tak Bekerja (Pexels / Karolina Grabwoska)

JAKARTA - Passive income atau penghasilan pasif adalah suatu metode yang tepat untuk membantu Anda menghasilkan uang ekstra baik Anda menjalankan pekerjaan sampingan atau hanya ingin mendapatkan sedikit uang tambahan setiap bulan.

Tidak hanya itu, passive income juga akan membantu Anda tetap memperoleh penghasilan lebih banyak dan menjaga kestabilan finansial Anda ketika tiba-tiba terkena layoff atau PHK.

Dengan pendapatan pasif, Anda bisa mendapatkan uang bahkan saat Anda masih bekerja di pekerjaan utama Anda. Tertarik untuk mendapatkannya? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Mendapatkan Pendapatan Pasif 

Berikut beberapa ide usaha agar Anda bisa meraih passive income.

1. Membuat Kursus

Salah satu strategi populer untuk meraih penghasilan pasif adalah membuat video berisi kelas atau kursus suatu keterampilan tertentu. Video kursus tersebut bisa Anda distribusikan dan dijual melalui situs Udemy, SkillShare, dan Coursera.

Anda juga bisa mempertimbangkan model ‘freemium’, yaitu membangun pengikut dengan membagikan konten gratis lalu mengenakan biaya untuk kursus yang lebih detail atau bagi mereka yang ingin mengetahui lebih banyak.

2. Membuat E-book

Menulis e-book adalah peluang yang tepat untuk memanfaatkan celah biaya penerbitan. Halaman yang ada di e-book biasanya juga relatif lebih pendek dan biaya pembuatannya relatif lebih murah.

E-book ini harus sesuai dengan citra diri Anda yang Anda bangun di media sosial, contohnya tips tentang digital marketing, copywriting, dan sebagainya.

3. Menyewakan Properti

Berinvestasi di properti sewaan juga dapat menjadi cara yang cukup efektif untuk meraih penghasilan pasif. Namun, cara ini seringkali membutuhkan lebih banyak pekerjaan. 

Jika Anda mantap mengambil cara ini, maka Anda memerlukan waktu untuk mempelajari cara menjadikannya usaha yang menguntungkan.

4. Affiliate Marketing

Affiliate marketing biasa dilakukan oleh para influencer atau blogger. Mereka mempromosikan produk pihak ketiga dan menyertakan tautan ke produk tersebut di situs atau akun media sosial. Pendapatan yang diperoleh dapat berupa komisi dari klik atau pembelian orang lain terhadap barang yang kita bagikan tautannya di media sosial.

5. Menyewakan Tempat Parkir

Tidak semua gedung atau tempat perbelanjaan, restoran, dan sebagainya memiliki tempat parkir yang memadai. Hal itu bisa Anda manfaatkan dengan menyewakan lahan yang digunakan sebagai tempat parkir.

Perlu diketahui bahwa ide ini mungkin tidak terlalu berisiko, namun Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak melanggar batasan apa pun dari tempat tinggal Anda atau entitas lain dengan menyewakan tempat parkir tersebut.

Itu tadi beberapa ide meraih passive income atau penghasilan pasif yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories