3 Cara Efektif Meraih Tujuan Karier Anda

Ahli: Lakukan 3 Hal Ini Agar Tujuan Karier Anda Cepat Tercapai (Trenasia.com)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri bahwa semua orang pasti memiliki tujuan karier untuk pengembangan diri mereka. Namun, menjadi terlalu nyaman dengan pekerjaan, posisi, atau perusahaan tertentu bisa jadi pertanda bagi Anda untuk mulai mencari tantangan baru. 

Meninggalkan zona nyaman untuk menjelajahi sesuatu yang baru bisa jadi sangat menantang, namun ketidakpuasan dan rasa tidak nyaman kerap kali menjadi pacu seseorang untuk bertumbuh. 

Psikolog industri dan organisasi J.Ibeh Agbanyim Ph.D, menulis untuk Psychology Today bahwa orang-orang sering kali membiarkan rasa takut merusak peluang mereka untuk mendapatkan pengalaman baru seperti perubahan karier, promosi, mendapatkan pekerjaan baru atau memulai bisnis. 

Lebih lanjut Agbanyim mengatakan bahwa karier Anda saat ini adalah pilihan anda. Maka tidak heran jika cara Anda bersikap dan membawa diri sangat berkaitan dengan respon dunia terhadap Anda. 

“Jika Anda menebak-nebak kemampuan Anda, dunia akan menebak-nebak Anda. Di sisi lain, jika Anda menilai kemampuan Anda, dunia akan setuju dengan Anda dan mengarahkan Anda ke arah yang benar,” tulis Agbanyim. 

Dengan ini, Agbanyim menyarankan Anda untuk melakukan apapun yang Anda bisa untuk menghilangkan keraguan diri karena keraguan diri dapat menjadi penghambat kesuksesan Anda. 

Cara Praktis Meraih Tujuan Karier dengan Cepat

Agbanyim juga memberikan tiga cara praktis yang dapat membantu Anda lebih cepat mencapai tujuan karier. 

1. Refleksi Diri 

Agbanyim menilai refleksi diri adalah bentuk self care terbaik karena bisa membawa perhatian pada diri sendiri dan masa kini. 

“Kemampuan Anda untuk maju dalam hidup dimulai dan diakhiri dengan cara Anda memandang diri sendiri dan dunia di sekitar Anda,” terang Agbanyim. 

Agbanyim berpendapat bahwa melakukan refleksi dan perenungan pada karier, keuangan, hubungan, kesehatan, dan aspek penting lainnya dalam hidup dapat mengubah cara pandang Anda dan merombak total langkah yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. 

2. Pelajari Teknologi 

Teknologi adalah bahasa baru modernisasi. Terlepas dari industrinya, kini semakin banyak perusahaan yang membutuhkan keterampilan digital. 

Mempelajari perkembangan teknologi dapat membantu Anda dibutuhkan dalam profesi saat ini dan jika Anda berpikir untuk pindah ke karier baru. Sederhananya, tidak ada perolehan pengetahuan yang sia-sia. 

“Lebih baik mempersiapkan diri dengan baik dan tidak mempunyai kesempatan kerja daripada mendapat kesempatan kerja tanpa persiapan,” terang Agbanyim. 

3. Berjejaring 

Cara Anda memanfaatkan jaringan Anda dapat menentukan seberapa jauh Anda melangkah dalam karier Anda

“Menjadi selaras dengan kelompok profesional yang berpikiran sama adalah unsur penting dalam mencapai tujuan. Itulah sebabnya jaringan penting dalam perekonomian saat ini,” kata Agbanyim. 

Selama proses berjejaring, Anda akan semakin paham secara spesifik apa yang Anda cari baik dalam lingkungan profesional ataupun lingkungan lainnya. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 06 Nov 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories