5 Kesalahan Memulai Bisnis yang Sering Dilakukan Pemula

5 Kesalahan Saat Memulai Bisnis yang Kerap Dilakukan Pemula (Freepik)

JAKARTA - Baik untuk usaha sampingan atau menjadi profesi utama, memiliki bisnis sendiri tampak menjanjikan dan menjadi impian banyak orang. Banyaknya kisah sukses dalam berbisnis di luar sana sering membuat seseorang jadi terburu-buru membangun bisnis tanpa persiapan yang matang.

Padahal, bisnis tanpa persiapan yang matang hanya akan membuang-buang waktu, uang dan tenaga Anda.

Sebelum Anda terjebak dalam kesalahan tersebut, Anda perlu mengetahui 5 kesalahan saat memulai bisnis yang kerap dilakukan oleh pemula. Simak ulasannya!

Kesalahan Bisnis yang Sering Dilakukan Pemula

1. Tidak membuat rencana bisnis

Rencana yang tidak matang dapat menjadi bencana. Tanpa rencana bisnis Anda tidak bisa tahu apakah ide Anda benar-benar layak untuk direalisasikan menjadi sebuah bisnis.

Rencana bisnis memang terdengar memakan waktu dan membutuhkan banyak penelitian tetapi menginvestasikan waktu sekarang akan menghemat lebih banyak waktu dan uang Anda di masa depan.

2. Mengabaikan kompetitor

Kompetitor dapat menunjukkan kepada Anda tenang tantangan apa yang ada di depan untuk bisnis Anda sendiri.

Memahami kompetitor akan membantu Anda untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dari yang pernah mereka lakukan.

3. Tidak memiliki strategi marketing yang jelas

Strategi marketing yang jelas dapat memastikan setiap prospek baru yang melihat bisnis Anda untuk pertama kali menerima pesan yang sama dan konsisten.

Hal ini perlu dilakukan karena Anda tidak pernah tahu di mana, kapan, atau bagaimana calon pelanggan baru akan mendengar tentang bisnis Anda.

4. Tidak mengetahui kekuatan dan kelemahan Anda

Kekuatan dan kelemahan yang tidak sesuai dengan model bisnis hanya akan berujung pada bencana.

Mengetahui dengan pasti apa kekuatan dan kelemahan Anda juga bisa membantu Anda untuk melihat bisnis Anda secara big picture.

5. Melakukan semuanya sendirian

Bisnis memerlukan banyak tugas berbeda sehingga tidak ada satu orang pun yang dapat melakukan semuanya dengan baik sendirian.

Waktu Anda akan habis termasuk tenaga Anda. Sebagai pemilik bisnis tugas Anda adalah mengidentifikasi bakat-bakat tersebut dan berfokus sepenuhnya kepada mereka.

Perusahaan yang hebat dibangun atas dasar memanfaatkan beberapa kekuatan bukan mencoba menjadi penguasa segalanya.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai kesalahan saat memulai bisnis yang kerap dilakukan oleh pemula. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 16 Apr 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories