Inilah Pro dan Kontra Bekerja dengan Anggota Keluarga

Inilah Pro dan Kontra Bekerja dengan Anggota Keluarga (Freepik)

JAKARTA - Pernahkah Anda berpikir untuk mendapatkan gelar bisnis dan menggunakan keterampilan kepemimpian tersebut untuk bekerja di bisnis keluarga atau memulai bisnis dengan pasangan atau kerabat Anda?

Jika iya, Anda tidak sendiri. Namun, sebelum Anda mantap memulai atau bergabung dengan bisnis keluarga, penting untuk mempertimbangkan pro dan kontra.

Mendirikan bisnis keluarga atau bekerja untuk bisnis keluarga memiliki banyak manfaat, tapi ada juga risiko serius yang harus Anda waspadai. 

Pro dan Kontra Bekerja dengan Anggota Keluarga

Keuntungan Bekerja dengan Keluarga

1. Pekerjaan yang Aman

Anda mungkin bisa mengharapkan job security atau pekerjaan yang aman saat bekerja dengan keluarga. Kecuali dalam keadaan ekstrem, kecil kemungkinannya ada anggota keluarga yang akan memecat atau memberhentikan Anda.

2. Proses Perekrutan Lebih Sederhana

Proses perekrutan juga akan disederhanakan. Jika Anda merekrut atau dipekerjakan oleh anggota keluarga, Anda tidak perlu melakukan banyak wawancara atau melakukan pemeriksaan referensi.

3. Lingkungan Kerja Fleksibel

Anda mungkin menikmati lingkungan kerja yang fleksibel ketika bekerja dengan keluarga. Dalam bisnis keluarga, Anda mungkin terkadang datang terlambat atau pulang kerja lebih awal. Pekerjaan di perusahaan biasa mungkin tidak menawarkan fleksibilitas yang sama.

4. Bekerja dengan Orang yang Anda Percayai

Saat Anda bekerja dengan keluarga, Anda sudah mengetahui karakter masing-masing anggota keluarga Anda. Jika Anda bekerja dengan kerabat, Anda akan menghabiskan waktu bersama sekaligus mendapat penghasilan.

Kekurangan Bekerja dengan keluarga

1. Pertumbuhan karier Terganggu

Bisnis keluarga mungkin kekurangan peluang promosi yang dapat meningkatkan karier Anda, jika dibandingkan dengan bekerja di perusahaan. 

2. Sulit Menindak Ketidakdisiplinan

Anda mungkin harus memecat anggota keluarga yang tidak disiplin atau tidak dapat bekerja. Jika ada anggota keluarga yang tidak masuk kerja atau melakukan pekerjaan yang buruk, Anda harus mengambil tindakan yang mungkin membuat Anda jadi tidak nyaman.

3. Anda Tidak Dapat Liburan Bersama Keluarga

Jika semua rekan kerja Anda adalah anggota keluarga Anda, bepergian bersama berarti meninggalkan bisnis tanpa pengawasan.

4. Perselisihan Bisnis yang Dapat Menjadi Masalah Pribadi

Pertengkaran di rumah dapat berlanjut di tempat kerja, dan perselisihan bisnis juga bisa menimbulkan ketegangan di rumah.

Itu tadi  beberapa keuntungan dan kerugian bekerja dengan rumah. Apakah Anda siap melakukannya?

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories