Trik Membangun Kekayaan di Samping Kerja Kantoran ala Robert Kiyosaki

Senin, 14 Oktober 2024 18:24 WIB

Penulis:Redaksi

Editor:Redaksi

Trik Membangun Kekayaan di Samping Kerja Kantoran ala Robert Kiyosaki
Trik Membangun Kekayaan di Samping Kerja Kantoran ala Robert Kiyosaki (daulat)

JAKARTA – Untuk meraih kesuksesan finansial, pada umumnya sebagian besar dari kita sering mendapati diri sendiri terkunci dalam rutinitas bekerja dari jam 9 sampai jam 5 sore atau yang sering disebut sebagai 9-to-5. Hal itu membuat beberapa orang jadi yakin bahwa tidak ada jalan realistis lain untuk meraih kekayaan. 

Robert Kiyosaki, penulis terkenal “Rich Dad, Poor Dad,” memiliki pandangan berbeda terkait mencapai kebebasan finansial.

Kiyosaki terus menantang pandangan tradisional tentang pekerjaan dan memperkenalkan kita pada berbagai cara berpikir yang mempersiapkan kita untuk kemandirian finansial.

Berikut ini beberapa strategi alternatif membangun kekayaan ala Kiyosaki yang dapat Anda gunakan untuk menemukan jalan menuju penghasilan di luar pekerjaan harian Anda.

Tips Kaya Raya di Samping Kerja Kantoran Ala Robert Kiyosaki

Dilansir dari Nasdaq, berikut tips kaya di samping kerja kantoran ala Kiyosaki:

Prioritaskan Arus Kas, Dibanding Gaji

Tidak seperti ayah Kiyosaki, ayah Kiyosaki adalah seorang pengusaha kaya yang tidak pernah menyelesaikan pendidikan formal dan memiliki pandangan hidup yang sangat berbeda.

Melalui pelajaran yang dipelajari dari ayahnya, Kiyosaki mulai membentuk filosofi keuangan yang menekankan pentingnya membangun aset yang menghasilkan arus kas, seperti bisnis dan real estat, alih-alih mengandalkan gaji dari pemberi kerja.

Ketahui Perbedaan Utang Baik dan Buruk

Kiyosaki membedakan antara utang baik dan buruk. Ia melihat utang baik sebagai sesuatu yang membantu meningkatkan kekayaan, seperti mengambil pinjaman untuk aset yang menghasilkan pendapatan seperti real estat, bisnis, atau investasi.

Kiyosaki sendiri memiliki utang lebih dari $1,2 miliar, namun itu merupakan bagian dari strateginya untuk meningkatkan kekayaannya. Menurutnya, jika ia tidak mampu membayar, itu menjadi masalah bank, bukan masalahnya.

Manfaatkan Utang dengan Bijak

Kiyosaki tidak mengambil utang dengan sembarangan. Ia menggunakan utang untuk membeli aset yang lebih berwujud seperti emas dan perak. Sementara nasihat keuangan tradisional sering kali memberi tahu orang untuk menghindari utang.

Meskipun banyak orang dianjurkan untuk menghindari utang, Kiyosaki berpendapat bahwa utang dapat menjadi alat yang kuat untuk meningkatkan kekayaan jika digunakan dengan bijak, terutama dalam hal investasi properti.

Atur Keuangan Seperti Orang Kaya

Alih-alih mencoba mengurangi pengeluaran, Anda sebaiknya mencari cara untuk menambah penghasilan. Ini bisa membantu mencapai tujuan keuangan dengan lebih efektif. Misalnya, melalui pendapatan sewa, bisnis sampingan, atau menjual produk dan layanan secara online. Dengan cara ini, Anda bisa mencapai tujuan keuangan tanpa tekanan/stres yang berlebihan.

Bangun Literasi Keuangan

Kiyosaki meyakini bahwa untuk menjadi kaya, perlu memahami pengelolaan uang dengan baik. Ini berarti kita harus mempelajari strategi investasi, manajemen keuangan, dan cara agar uang kita bekerja lebih efektif. Menurutnya, literasi keuangan adalah kunci utama untuk meraih kekayaan.

Ambil Kendali Atas Nasib Finansial Anda

Kiyosaki menekankan, kekayaan tidak diperoleh secara kebetulan. Kita perlu membuat keputusan sadar dan berani mengambil risiko untuk mencapainya.

Salurkan energi Anda untuk mengembangkan impian bisnis Anda sendiri daripada mendukung ambisi orang lain. Jalan Anda menuju kekayaan ditentukan oleh dedikasi Anda untuk menciptakan sesuatu yang Anda sukai.

Berani Ambil Risiko

Ketakutan akan kegagalan dan penghindaran tantangan dapat menjadi hambatan besar dalam perjalanan Anda menuju kekayaan. Ketakutan ini sering kali mencegah kita keluar dari zona nyaman dan mencoba hal-hal baru. Kiyosaki mengatakan untuk menghadapi ketakutan ini, seseorang harus memahami bahwa kegagalan bukanlah tanda kekalahan permanen, tetapi sekadar kemunduran sementara.

Ia mengatakan untuk melihat semua ini sebagai peluang untuk belajar dan berkembang, dengan menyadari bahwa setiap kekecewaan atau kesalahan langkah menawarkan wawasan yang dapat menginformasikan dan meningkatkan keputusan Anda di masa mendatang.

Dalam pola pikir Kiyosaki, risiko bukanlah sesuatu yang harus dihindari, tetapi harus diperhitungkan dengan cermat dan diterima dengan sepenuh hati.

Itu dia cara membangun kekayaan menurut Robert Kiyosaki, semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 12 Oct 2024