Waspada Serangan Scam Reset Password pada iPhone! Ini Cara Agar Anda Tetap Aman

Waspada Serangan Scam Reset Password pada iPhone! Ini Cara Agar Anda Tetap Aman (iBox)

JAKARTA - Meningkatnya ancaman di dunia maya, pengguna iPhone dikabarkan menghadapi tantangan baru, yaitu adanya serangan reset password yang juga dikenal sebagai MFA bombing. 

Penipuan ini membanjiri perangkat Apple dengan beberapa permintaan reset password yang bertujuan untuk menipu pengguna sehingga hacker dapat meretas akun pengguna.

Seperti yang dilansir dari HT Tech, serangan MFA bombing ini memanfaatkan sistem pengaturan ulang kata sandi atau reset password yang ada di perangkat Apple. Serangan tersebut akan membombardir korban dengan perintah dari iOS yang tampak valid untuk mengatur ulang password Apple ID pengguna.

Hacker kemudian akan menggunakan nomor telepon korban untuk membanjiri perangkat mereka dengan perintah ini, bahkan seringkali mencapai lebih dari 100 peringatan.

Meski begitu, Apple dilaporkan telah mengatasi kerentanan ini dengan perbaikan yang dilakukan pada akhir Maret, sehingga mampu mengurangi jumlah kasus yang dilaporkan. Meski begitu, pada tanggal 21 April 2024 dilaporkan masih ada pengguna yang menemukan perintah untuk reset password.

Cara Mencegah Scam Akibat Reset Password di iPhone

1. Tolak Peringatan Sistem

Ketika diminta untuk mengatur ulang password Anda, selalu pilih opsi Don’t Allow. hacker akan membombardir Anda dengan berbagai perintah, tapi tetap penting untuk menolaknya secara konsisten.

2. Waspadai Penipuan Panggilan

Hindari menjawab panggilan, meski panggilan tersebut tampaknya berasal dari Apple Support yang asli. Hacker akan menggunakan modus call spoofing untuk meniru nomor resmi Apple, untuk memperoleh informasi pribadi atau one-time passcode Anda. Jika Anda masih ragu, tolak panggilan dan hubungi Apple Support langsung.

3. Amankan Apple ID Anda

Jika Anda terus menerus menerima perintah, pertimbangkan untuk mengubah nomor telepon yang tertaut ke Apple ID Anda. Meski hal ini dapat menghentikan serangan, perlu diketahui bahwa hal ini dapat memengaruhi fungsi iMessage dan FaceTime.

4. Tetaplah Waspada 

Serangan reset password pada iPhone tampaknya akan jadi semakin canggih. Akan tetapi, dengan kesadaran dan tindakan proaktif, Anda dapat melindungi akun Apple dan informasi pribadi Anda.

Anda juga harus selalu waspada dan menolak permintaan mencurigakan dan verifikasi komunikasi tak terduga apapun secara langsung dengan Apple.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat lebih melindungi diri Anda dari MFA bombing dan ancaman dunia maya lainnya yang menargetkan pengguna Apple.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terkena scam reset password pada iPhone Anda.

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories