5 Pertimbangan yang Harus Dipikirkan Sebelum Ubah Hobi Jadi Pekerjaan Sampingan

5 Pertimbangan yang Harus Dipikirkan Sebelum Ubah Hobi Jadi Pekerjaan Sampingan (Freepik.com/cookie_studio)

JAKARTA - Ada banyak keuntungan dari memiliki pekerjaan sampingan, seperti memuaskan sisi kreatif diri Anda serta menciptakan penghasilan tambahan. Lalu, apakah mudah untuk memulai hal tersebut? Inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai.

Jika Anda berpikir untuk memulai usaha sampingan, inilah lima pertanyaan yang sebaiknya Anda pertimbangkan ke diri Anda terlebih dahulu, seperti yang dilansir dari ABC.

Pertimbangan Sebelum Ubah Hobi Jadi Pekerjaan Sampingan

Apakah Pasar Itu Ada?

Pertama, Anda harus bertanya terlebih dahulu apakah ada orang yang akan membeli produk atau layanan Anda? Jika tidak ada pasar, maka tidak perlu menginvestasikan waktu dan uang pada sesuatu yang sebetulnya tidak diminati banyak orang.

Lalu, Anda harus mengetahui perbedaan produk yang Anda buat dengan produk yang sudah ada. Anda bisa mencoba riset terlebih dahulu, bertanya secara online untuk mendapatkan pendapat dari calon pelanggan.

Apakah Anda Punya Motivasi Diri?

Pekerjaan sampingan mungkin bukan menjadi sumber penghasilan utama Anda, tapi jika Anda tetap ingin menghasilkan uang, Anda harus siap bekerja keras.

Hasil dari pekerjaan sampingan tidak harus berupa kerajinan tangan atau bisnis yang penuh dengan gaya. Hal ini dapat berupa membersihkan rumah, mencabut rumput liar, atau mencuci mobil yang bisa bersifat sementara.

Apakah Anda Memiliki Keterampilan Manajemen Waktu yang Baik?

Menyelesaikan pekerjaan adalah suatu keharusan jika Anda ingin bekerja untuk diri sendiri. Oleh karena itu, mampu bekerja memenuhi deadline akan membuat Anda berhasil dan tetap sukses.

Anda bisa memanfaatkan teknologi seperti reminder yang ada di Google Calendar untuk menyetel pengingat yang akan membuat Anda selalu on track terhadap proyek yang sedang dikerjakan.

Apakah Anda Selesai Memperhitungkan Biayanya?

Anda perlu menghitung biaya mentah dan berapa nilai waktu Anda. Pada umumnya, banyak bisnis mulai dengan memasukkan uang ke dalam kartu nama, situs web, alat atau material yang mahal. Anda perlu menghitung biaya tersebut dan lihat berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mendapatkan untung.

Pernahkah Anda Berbicara dengan Orang Lain di Bidang yang Sama?

Orang-orang sering kali dengan senang hati memberikan saran kepada Anda saat Anda baru memulai. Anda bisa mencoba menemukan orang-orang di bidang seupa atau yang bekerja dengan cara serupa. Coba tanyakan apa yang berhasil atau tidak bagi mereka.

Itu tadi beberapa pertimbangan yang harus Anda tanyakan kepada diri Anda sebelum mantap mengubah hobi jadi pekerjaan sampingan.

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories