Warga Denpasar Manfaatkan Bank Sampah sebagai Tabungan saat Pandemi

Aksi pemilahan sampah dilakukan melibatkan seluruh komponen masyarakat setempat, Minggu 17 Oktober 2021. (Humas Pemkot Denpasar)

Denpasar, Balinesia.id - Warga tingkat desa dan kelurahan di Kota Denpasar memanfaatkan fungsi dan keberadaan 'Bank Sampah' dengan baik sehingga lingkungan tetap bersih dan sehat.

Salah satu contohnya, Bank Sampah Sadu di Desa Sumerta Kaja yang rutin setiap Minggu melaksanakan kegiatan pemilahan sampah terutama sampah plastik di wilayahnya.

Aksi pemilahan sampah dilakukan melibatkan seluruh komponen masyarakat setempat, Minggu 17 Oktober 2021.

Perbekel Desa Sumerta Kaja,  Gusti Ngurah Mayun menjelaskan, keberadaan Bank Sampah Sadu di wilayahnya tetap diberdayakan warga meski ditengah situasi pandemi.

Aktivitas pengelolaan sampah di Desa Sumerta Kaja terlihat berjalan dengan beragam inovasinya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Bank sampah ini adalah buah pemikiran warga kami yang ingin terus menjaga kebersihan dan pengelolaan sampah desa yang baik," tuturnya.

Disebutkan, setiap Minggu warga terlibat langsung bersama dalam pengelolaannya dilaksanakan pemilahan mulai dari sampah organik hingga anorganik.

Hasil dari pemilahan sampah ini juga dimanfaatkan sebagai tabungan bagi warga.

"Tentu harapan kami bank sampah ini tetap dapat berjalan meski ditengah pandemi demi menjaga lingkungan tetap bersih, sehat dan lestari," harapnya. (roh)


Related Stories