Vaksin IndoVac Resmi Raih Izin Edar dari BPOM

Vaksin IndoVac Resmi Raih Izin Edar dari BPOM (bandung.go.id)

JAKARTA - Bio Farma mendapat izin edar terbaru untuk varian vaksin IndoVac dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Izin resmi tersebut diberikan pada Desember 2023 setelah sebelumnya memperoleh izin darurat pada tahun 2022.

Keputusan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang mengeluarkan izin edar resmi untuk IndoVac menandai tonggak penting dalam perjalanan vaksin ini. 

Direktur Utama Bio Farma menjelaskan bahwa sebelumnya, izin darurat diberikan sebagai respons darurat terhadap keadaan pandemi. Namun, dengan izin edar resmi yang diberikan setelah melalui proses evaluasi lebih lanjut, menegaskan bahwa IndoVac telah melalui serangkaian uji coba dan penilaian ketat dari otoritas yang berwenang. 

“Sebelumnya vaksin IndoVac telah mendapatkan Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM pada September 2022, maka dari itu dengan telah dikeluarkannya NIE dari BPOM, maka EUA vaksin IndoVac sudah tidak berlaku” ungkap Direktur Utama Bio Farma, Shadiq Akasya, Dilansir siara pers, Rabu, 10 Januari 2023.

Pengambilan keputusan ini sekaligus menjadi bukti konkret akan kualitas serta keamanan vaksin IndoVac yang telah diakui oleh BPOM, memberikan keyakinan kepada masyarakat akan keandalan serta efikasi vaksin ini dalam melawan pandemi COVID-19. 

IndoVac didesain khusus untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas. Dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mencapai 89,84%, vaksin ini dikemas dalam vial berukuran 5 ml dengan setiap vial berisi 10 dosis. Untuk mempertahankan kualitasnya, vaksin ini disimpan pada suhu 2°-8°C.

Salah satu fitur keamanan yang ditanamkan dalam IndoVac adalah adanya 2D Barcode pada setiap vialnya. Barcode ini bertujuan untuk memudahkan identifikasi serta mencegah peredaran vaksin palsu di pasaran.

Vaksinasi menjadi strategi dalam upaya mengendalikan penyebaran pandemi. Dalam hal ini, Bio Farma berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan IndoVac di dalam negeri dengan memastikan koordinasi yang efisien dalam distribusi vaksin. 

Komitmen serta inovasi Bio Farma dalam menghasilkan vaksin yang berkualitas tinggi merupakan langkah penting dalam mendukung upaya pemerintah dalam melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat di tengah pandemi global ini.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Imam Hatami pada 10 Jan 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories