Upaya Muliakan Laut, PKB ke-45 Ketengahkan Tema “Segara Kerthi: Prabhaneka Sandhi”

Pergelaran penutupan PKB tahun 2022. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id – Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-45 tahun 2023 dijadwal akan bergulir mulai dari Minggu, 18 Juni 2023 hingga Minggu, 16 Juli 2023. Tahun ini, ajang seni budaya terakbar Bali ini mengetengahkan tema “Segara Kerthi: Prabhaneka Sandhi (Samudera Cipta Peradaban)”.

Kepala Bidang Kesenian dan Tenaga Kebudayaan Provinsi Bali, Ni Wayan Sulastriani mengatakan bahwa secara tematik, PKB ke-45 tidak berbeda dengan PKB sebelumnya. Namun, seperti sebelumnya sajian-sajian PKB akan merujuk pada tema yang diangkat.

Baca Juga:

“Tema ‘Segara Kerthi: Prabhaneka Sandhi (Samudra Cipta Peradaban)’ dimaknai sebagai upaya pemuliaan laut sebagai sumber kesejahteraan semesta yang menjadi asal mula lahirnya suatu peradaban,” katanya di Denpasar, Rabu, 3 Mei 2023.

Ia melanjutkan, samudra melambangkan keluasan ilmu pengetahuan, kedalaman nilai-nilai luhur sekaligus muara berpadunya berbagai cipta, rasa dan karsa umat manusia yang melahirkan kebudayaan yang adiluhung yang merepresentasikan peradaban Krama Bali yang luhur, unggul, dan kawista.

“Samudra juga melambangkan peradaban Bali yang terbuka dengan berbagai kebudayaan masayarakat dari berbagai penjuru dunia serta berpadu secara harmonis dalam memberi warna pusparagam seni budaya Bali dan mengukuhkan Bali sebagai Pusat Peradaban Dunia atau Bali Padma Bhuana,” katanya.

Baca Juga:

Terkait materi PKB, Sulastriani mengatakan ada 10 tema utama PKB, antara lain Peed Aya (Pawai), Rekasadana (Pergelaran), Rekasadana (Pergelaran), Wimbakara (Lomba), Kandarupa (Pameran), Kriyaloka (Lokakarya), Widyatula (Sarasehan), Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni), Bali World Culture Celebration (Perayaan Budaya Dunia), serta Jantra Tradisi Bali (Pekan Kebudayaan Daerah) yang akan dilaksanakan di Art Center dan Monuman Perjuangan Rakyat Bali. 

Bali World Culture Celebration yang digelar untuk kedua kalinya akan melibatkan peserta dari luar negeri seperti Jepang, Thailand, Australia, Gamut berkolaborasi dengam seniman Belgia, India, Malaysia dan China. Sementara Jantra Tradisi Bali meliputi Murtirupa (Demonstrasi), Pacentokan (Lomba), dan Temu Wirasa (Sarasehan).

“Jumlah seniman atau pelaku seni yang terlibat pada acara PKB tahun 2023 sebanyak 18.974 orang,” kata dia. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories