Unwar Lahirkan 5 Sarjana Teknik, Dekan Dorong Mereka Buka Lapangan Kerja

Dekan FTP Unwar, Prof. Dr. Ir I Wayan Runa, M.T. memberikan penghargaan kepada lulusan terbik FTP Unwar pada Yudisium ke-69 FTP Unwar, I Putu Raka Vica Dharma Ika, S.T. (Balinesia.id/ist)

Denpasar, Balinesia.id – Sebanyak lima orang sarjana teknik dilahirkan Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa (FTP Unwar) pada Kamis, 19 Januari 2023. Kelimanya dilepas dalam acara Yudisium ke-69 FTP Unwar dan diharapkan menjadi agen yang mampu menciptakan lapangan kerja.

Empat dari lima sarjana yang dilepas berasal dari Program Studi (Prodi) Teknik Sipil FTP Unwar, sedangkan seorang lainnya berasal dari Prodi Teknik Arsitektur. Kelimanya nanti akan diwisuda secara resmi pada Wisuda ke-71 Unwar yang akan digelar Sabtu, 4 Februari 2023 nanti.

Dekan FTP Unwar, Prof. Dr. Ir I Wayan Runa, M.T., berharap lima orang yang telah dilepas pihaknya dapat menjadi agen yang mampu menciptakan lapangan kerja. “Akan lebih baik jika saudara membantu pemerintah membuka lapangan kerja, walau pun kondisi saat ini masih sulit,” katanya.

Baca Juga:

Runa mengingatkan bahwa pencapaian gelar bukan akhir perjalanan seorang intelektual. Gelar yang diraih adalah gerbang untuk pengabdian yang lebih luas. “Di dunia kerja memerlukan kerja lebih keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja sama, dan etika yang lebih baik, serta doa untuk mendukung keberhasilan di mana pun kita bekerja,” terang dia.

Terkait yudisium yang digelar, Runa mengatakan saat ini pihaknya telah memiliki alumni sebanyak 3.271 orang. Sebanyak 1.693 orang merupakan lulusan Prodi Teknik Sipil dan 1.578 orang merupakan lulusan Prodi Teknik Arsitektur. Sementara itu, ada 1.471 orang mahasiswa yang tengah aktif belajar di dua prodi pada institusinya.

“Sayang sekali, lulusan kali ini tidak ada yang lulus dengan predikat dengan pujian atau cumlaude, padahal di universitas mulai wisuda periode ini akan diberikan predikat dan selempang cumlaude. Meskipun demikian, kelima lulusan saat ini telah bekerja, sehingga saya kira tidak aka nada masalah bagi lulusan kita untuk terserap di dunia kerja,” kata dia. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories