Ternyata Ini Alasan Mengapa Setelah Makan Buah Malah Tambah Lapar

Setelah Makan Buah Malah Tambah Lapar, Kok Bisa? (Freepik.com/Jcomp)

JAKARTA - Dalam dunia nutrisi, konsumsi buah-buahan memang dianggap sebagai kebiasaan sehat yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang berlimpah. Namun, tak jarang ada orang yang justru mengeluh merasa lapar setelah mengonsumsi buah. 

Apa sebenarnya yang terjadi di balik fenomena ini? Dikutip dari jurnal American Journal of Clinical Nutrition, salah satu alasan umum di balik rasa lapar setelah makan buah adalah tingginya kandungan gula alami dalam buah.

Meskipun gula alami lebih sehat daripada gula tambahan, konsumsi buah yang berlebihan dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat diikuti oleh penurunan tajam. Hal ini dapat memicu rasa lapar lebih awal setelah mengonsumsi buah.

Sementara penelitian berjudul Dietary Protein and Energy Balance yang diterbitkan pada The American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa buah-buahan cenderung rendah dalam protein dan lemak, dua nutrisi yang dikenal dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Jika buah menjadi satu-satunya komponen dalam makanan, tubuh mungkin tidak merasa kenyang secara keseluruhan, dan seseorang bisa merasa lapar lebih cepat.

Tak hanya disebabkan oleh kandungan pada buah, ternyata rasa lapar ini juga bisa berasal dari orang yang mengonsumsi. Mereka bisa juga memiliki rasa lapar psikologis setelah mengonsumsi buah.

Dikutip dari laman Nutrients, beberapa orang mengalami rasa lapar yang bersifat lebih psikologis setelah mengonsumsi buah. Hal ini bisa terjadi karena buah memiliki kandungan air yang tinggi, yang dapat membuat volume makanan terasa kurang memuaskan secara fisik.

Terlebih untuk orang Indonesia yang meyakini bahwa seseorang belum makan jika belum mengonsumsi nasi. Karena nasi adalah makanan pokok di Indonesia, mengonsumsi buah saja terkadang membuat seseorang merasa belum makan dan masih merasa lapar. 

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa lapar setelah makan buah?

Cara mengatasi rasa lapar setelah makan buah dapat diatasi dengan mengombinasikan buah dengan sumber protein dan lemak sehat untuk membantu menjaga tingkat energi dan kenyang lebih lama.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan ukuran porsi buah yang dikonsumsi dan pastikan untuk menyertakan makanan lainnya dalam hidangan agar lebih seimbang.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 28 Jan 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories