Tantangan Program Bangga Kencana Makin Kompleks, Sukardiasih: Bangun “Super Tim” Bukan “Superman”

Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas di Denpasar, Rabu, 9 November 2022. (Balinesia.id/jpd)

Denpasar, Balinesia.id – Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bali, Ni Luh Gede Sukardiasih, mengatakan bahwa kompleksitas pelaksanaan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) semakin meningkat dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, seluruh elemen harus memperkuat kemitraan untuk mewujudkan pembangunan keluarga yang berkualitas.

“Kita perlu ada kemitraan yang kuat, yang kami (BKKBN, red) minta terbangun super tim, bukan super man. Tim harus kuat, itu harus kita kuatkan, koordinasi dengan lintas sektor,” katanya dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas di Denpasar, Rabu, 9 November 2022.

Terkait dengan Program Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) di Provinsi Bali, Sukardiasih menjelaskan bahwa hingga November 2022 capaiannya relatif baik. Tercatat 96 persen Kampung KB di Bali telah masuk dalam klasifikasi paripurna.

Baca Juga:

“Kami di Bali memiliki 133 Kampung KB di seluruh Bali. Dari jumlah tersebut, Perwakilan BKKBN Bali memasang target Kampung KB dengan klasifikasi paripurna sebanyak 125 Kampung KB. Sampai bulan November 2022 ini, sudah ada 120 Kampung KB berhasil mencapai klasifikasi paripurna atau sebesar 96 persen,” kata dia.

Meskipun demikian, ia mengingatkan seluruh jajarannya untuk tetap bekerja secara maksimal, sehingga capaian yang telah dicapai dapat ditingkatkan pada masa selanjutnya. “Kampung KB merupakan prioritas pembangunan nasional. Oleh karena itu kami melaksanakan kegiatan ini untuk dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Pengelola Kampyng KB. Tujuannya adalah peningkatan pengetahuan Pengelola Kampung Keluarga Berkualitas,” ucapnya.

Kabid Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Bali, Putu Gede Sumerta, mengatakan bahwa Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas merupakan slaah satu kegiatan yang digelar pihaknya sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan wawasan Pengelola Kampung KB.

“Kampung KB merupakan prioritas pembangunan nasional. Oleh karena itu kami melaksanakan kegiatan ini untuk dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Pengelola Kampyng KB. Tujuannya adalah peningkatan pengetahuan Pengelola Kampung Keluarga Berkualitas,” kata dia. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories