Sosok Jorji Atlet dari Wonogiri Raih Perunggu di Olimpiade Paris

Sosok Jorji Atlet dari Wonogiri Raih Perunggu di Olimpiade Paris (Instagram )

JAKARTA - Atlet-atlet Indonesia diketahui terus berjuang di ajang Olimpiade Paris 2024. Melalui kerja keras yang telah mereka lakukan, mereka mencoba mengumpulkan keping-keping medali. 

Gregoria Mariska Tunjung menjadi salah satu penyumbang medali  perunggu di dari cabang bulu tangkis. Di Semifinal dia kalah dari An Se Young asal Korea Selatan namun hal ini disebut membawa kebangkitan bagi Badminton Indonesia.

Sosok yang akrab dipanggil Jorji ini menjadi penawar dahaga cabang andalan Indonesia tersebut. Ini setelah ganda campuran, pasangan Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas gagal lolos dari fase grup. Hal serupa juga terjadi pada dua tunggal putra kebangggan Tanah Air, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Lalu siapakah sosok Gregoria Mariska Tunjung ini?  Gregoria Mariska Tunjung Cahyaningsih. Atlet ini lahir di Wonogiri pada 11 Agustus 1999. Ia merupakan putri dari pasangan Gregorius Maryanto dan Fransiska Romana.

Sedari kecil, Jorji sangat senang menonton pertandingan badminton dan mengidolakan Taufik Hidayat. Bakatnya terlihat oleh sang ayah sehingga ia mulai serius mendalami bulutangkis meskipun sebelumnya ia telah belajar karate.

Karier atletnya dimulai ketika dirinya bergabung dengan PB Mutiara Cardinal, Bandung. Setelah itu, ia bergabung dengan Pelatnas Cipayung pada tahun 2013. Ia pun banyak mewakili Indonesia dalam kompetisi bulu tangkis internasional. Ia menjadi atlet tunggal putri yang mendapat ranking 8 di dunia seperti tercantum di BWF.

Sebelum memperoleh medali di Olimpiade Paris, Jorji juga pernah menyabet kemenangan di Spain Masters 2023.  Jorji  aktif sejak aktif di dunia badminton tahun 2015. Capaian terbaik Gregoria sebelumnya di level senior tunggal putri yakni menjuarai Finnish Open 2018.

Daftar prestasi Gregoria Mariska Tunjung

2024 Medali Perunggu Olimpiade Paris
2023 Juara Spain Masters Tunggal Putri
2022 Runner up Australian Open
2019 Medali Perak di Filipina Tim Putri
2017 Medali Emas di Yogyakarta
2016 Medali Perak di Bangkok
2015 Medali Perak di Bangkok Tim Campuran

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 05 Aug 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories