Songsong Era Digital, Unwar Hadirkan Prodi S1 Teknik Komputer yang Satu-satunya di Bali

Wakil Rektor Unwar menerima SK Izin Pembukaan Program Studi Teknik Komputer Program Sarjana Unwar. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id – Universitas Warmadewa (Unwar) siap menyongsong era digital yang dinamis melalui penyiapan SDM unggul dalam teknologi informasi. Upaya tersebut dilakukan melalui perilisan Prodi S1 Teknik Komputer yang disebut sebagai satu-satunya di Bali.

Prodi anyar tersebut resmi berdiri melalui terbitnya Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 512/E/0/2023 Tentang Izin Pembukaan Program Studi Teknik Komputer Program Sarjana.

Wakil Rektor I Unwar, Ir. I Nyoman Kaca, M.P didampingi Dekan Fakultas Teknik dan Perencanaan (FTP) Unwar, Prof. Dr. Ir I Wayan Runa, M.T., dan Ketua Tim Pembentukan Prodi Teknik Komputer Unwar, Dr. Ir. I Nengah Sinarta, M.T. menerima langsung SK tersebut pada Senin, 19 Juni 2023 di Kantor LLDikti Wilayah VIIl, Denpasar.  SK diserahkan Koordinator Tim Kelembagaan LLDIKTI Wilayah VIII Wayan Sudarma S. Sos,. M.AP. 

Baca Juga:

Prodi S1 Teknik Komputer Unwar nantinya akan bernaung di FTP Unwar. “Prodi ini berada di bawah Kelompok Program Studi Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dengan gelar akademik yang diberikan kepada lulusannya kelak adalah Sarjana Teknik (S.T.),” kata I Nyoman Kaca.

Ia menjelaskan, pembentukan prodi tersebut bertujuan untuk pengembangan pembangunan infrastruktur berbasis teknologi informasi di Bali dan Indonesia Timur, khususnya dan bagi Unwar dalam menjawab Visi “Bermutu, Berwawasan Ekowisata, dan Berdaya Saing Global Tahun 2034”

Prodi S1 Teknik Komputer secara khusus akan memfokuskan diri pada pembelajaran software, hardware, dan programming, baik dalam bentuk web maupun mobile. “Mahasiswa juga akan dibekali pengetahuan robotika, embeded system, cloud, network and security, serta creative digital sehingga cakupan kurikulum Teknik Komputer FTP Unwar lebih luas dari pada Prodi Teknik Komputer di universitas lain,” ujarnua.

Baca Juga:

Dalam dunia yang berbasis digital ini, mahasiswa juga akan diberikan keterampilan yang luas, sehingga dapat merambah peluang kerja yang lebih beragam di era Industri 4.0.

Dalam hal kurikulum, Kaca menyebut kurikulum pada prodi tersebut disusun dengan 2 bidang konsentrasi yaitu Sistem Tertanam/Embeded System (Robotika & Sensor) dan Kreatif Digital (Multimedia), serta Konsentrasi Big Data (Programing, Cloud, Network, Server dan Geoinformasi).

“Lulusan Prodi S1 Teknik Komputer Unwar dapat bekerja di industri perangkat keras komputer (microchip, jaringan komputer, telekomunikasi), perangkat lunak (programing, data analyser, artificial intelligence, geoinformasi analyser), melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik S2 dan S3, bekerja di pemerintahan maupun membina usaha sendiri, maupun menjadi entrepreneur sesuai dengan bidang dan kompetensinya,” kata dia.

Editor: E. Ariana

Related Stories