Rekomendasi Ide Usaha Sampingan untuk Anda dan Pasangan

Rekomendasi Ide Usaha Sampingan untuk Anda dan Pasangan (Freepik.com/tirachardz)

JAKARTA - Ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh lewat pekerjaan atau usaha sampingan. Memulai usaha sampingan adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan, menambah jumlah tabungan, dan melunasi utang.

Selain itu, usaha sampingan sering kali dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mengelola anggaran keluarga. Jika Anda sudah menikah atau memiliki pasangan, inilah beberapa ide usaha sampingan terbaik yang dapat Anda pertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda.

Rekomendasi Usaha Sampingan Bersama Pasangan

1. Jual Barang secara Online

Jika Anda ingin segera mendapatkan penghasilan tambahan, pertimbangkanlah untuk menjual barang secara online. Anda dapat memulainya dengan menjual barang-barang bekas di rumah yang tidak lagi digunakan. 

Selain itu, eksplorasi toko barang bekas lokal atau toko ekspor untuk membeli barang dengan harga terjangkau dan menjualnya kembali secara online. Platform e-commerce seperti Facebook Marketplace, Shopee, Tokopedia, atau Carousel dapat menjadi tempat yang efektif untuk menjual berbagai barang.

2. Membuat Blog

Jika Anda atau pasangan memiliki minat dalam menulis, pengeditan, dan pemasaran digital, mulailah sebuah blog sebagai sumber penghasilan sampingan. Meskipun mungkin tidak menghasilkan banyak uang dalam waktu singkat, blog dapat menjadi sumber informasi yang dapat diandalkan bagi konsumen. Anda dapat mempertimbangkan monetisasi blog setelah membangun kepercayaan dengan memberikan konten yang berharga.

3. Membuat Podcast

Podcast merupakan ide usaha sampingan yang cocok bagi pasangan. Selain dapat menghasilkan pendapatan ekstra setiap bulan, podcast dapat dilakukan dengan nyaman di rumah. 

Sebelum memulai podcast, tentukan topik, format acara, dan strategi penghasilan. Membuat podcast bersama pasangan dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan sambil menciptakan konten yang dinikmati bersama.

Podcast dapat menghasilkan pendapatan melalui sponsor, pemasaran afiliasi, dan penawaran afiliasi. Dengan jumlah pendengar yang cukup, Anda dapat menjalin kemitraan dengan merek besar sebagai sponsor. Promosikan penawaran afiliasi untuk meningkatkan penghasilan dan memperluas sumber pendapatan Anda.

Itu tadi beberapa ide usaha sampingan atau side hustle yang dapat dijalankan bersama pasangan. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories