Pura Taman Beji Sangsit Diproyeksi Jadi DTW

Pura Taman Beji Sangsit (Istimewa)

Buleleng, Balinesia.id Pura Taman Beji, Desa Sangsit, Sawan, Buleleng diproyeksikan sebagai daerah destinasi tujuan wisata (DTW). Hal itu dinyatakan Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra, Sabtu, 25 September 2021 lalu.

Sutjidra mengatakan bahwa Pemkab Buleleng sangat serius menjaga dan mengembangkan aset-aset budaya daerah.  Oleh karena itu, pihaknya pun mendukung penuh upaya pembangunan Pura Taman Beji Sangsit.

       Baca Juga:

Pura Taman Beji berlokasi tepat di belakang Pura Beji, Desa Sangsit, Sawan. Pura Taman Beji merupakan salah satu peninggalan sejarah yang masih bersangkutan dengan cikal bakal lahirnya Kabupaten Buleleng.

“Kegiatan ini adalah salah satu pelestarian, peninggalan sejarah Kabupaten Buleleng. Ada kaitan dengan keberadaan daripada cikal bakal Kabupaten Buleleng, salah satu yang tersisa adalah di Pura Beji, Desa Sangsit Dauh Yeh,” kata dia. 

Berpijak pada berbagai potensi itulah pihaknya optimistis untuk memproyeksikan Pura Beji sebagai ikon dan salah satu DTW di Kabupaten Buleleng. Terlebih, saat ini mulai banyak wisatawan yang melirik dan berkunjung mengadakan studi di Pura Beji, Desa Sangsit.
     Baca Juga:

Namun, mengenai restorasi bagi Pura Beji Sangsit, Sutjidra menjelaskan bahwa hal tersebut akan dipikirkan lebih lanjut. Pasalnya, restorasi Pura Beji, Desa Sangsit akan menyerap dana yang cukup besar. “Itu mungkin akan dipikirkan kembali apakah bisa memungkinkan karena dana yang diserap cukup banyak,” kata dia.

Sebagai bentuk dukungan negara, Pemerintah Kabupaten Buleleng, turut berpartisiapasi dalam pembangunan pura tersebut dengan memberikan bantuan hibah sebesar Rp 150 juta. Bantuan hibah sebesar 150 juta untuk pembangunan Pura Taman Beji, diberikan secara simbolis oleh Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra, dan diterim oleh Bendesa Adat Sangsit Dauh Yeh I Wayan Wissara, di Pura Beji, Desa Sangsit. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories