Pura Penataran Pande Taman Bali Gelar Tawur Agung

Sulinggih melakukan pemujaan pada upacara yang digerlar di Pura Penataran Pande Taman Bali. (Balinesia.id/Pande)

Bangli, Balinesia.id - Warga Pande dari berbagai penjuru Bali memadati Pura Penataran Pande Taman Bali, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli Jumat, 30 Desember 2022 dalam acara Tawur Agung, Rsi Gana, Pamelaspas, dan Mendem Padagingan di pura setempat.

Upacara Tawur dipusatkan di Jaba Tengah pura, dipimpin tiga orang sulinggih, yakni Sira Mpu Galuh dari Griya Tunggak Karangasem, Sira Mpu Dharma Siddhi Griya Laplapan Gianyar dan Sira Mpu Dharma Putra Adnyana Griya Angantelu Karangsem. Tawur menggunakan wewalungan seperti ayam, bebek, kambing dan kebo yos mrana.

Upacara dimulai dengan ngerajah di hadapan Sanggar Tawang, pangresikan, pangundang bhuta, lalu dilanjutkan mempersembahkan sesajen, serta persembahyangan bersama. Setelah upacara Tawur, dilanjutkan dengan ngider tawur dan pembagian tirta serta nasi tawur. Upacara Tawur diiringi kesenian wali, seperti salonding, gong gede, gong beri, wayang lemah, rejang dewa, baris gede dan topeng sidakarya.

Baca Juga:

Sementara di Jeroan Pura Penataran Pande, upacara Pamelaspas dan Mendem Padagingan dipimpin Sira Mpu Sinuhun Griya Taman Bali serta Sira Mpu Dharma Yoga Sogata Griya Batubulan.

Perwakilan Panitia, I Nengah Merta mengatakan upacara ini digelar menjelang puncak upacara Karya Padudusan Agung, Tawur Agung, Ngenteg Linggih, Nubung Padagingan, Mapaselang, Nyenuk dan Makebat Daun di pura setempat. Puncak karya pada Jumat Paing wuku Dungulan, bertepatan dengan Purnama Kapit, 6 Januari 2023.

Setelah Tawur ini, upacara dilanjutkan dengan Melasti ke Pantai Watu Klotok Klungkung pada Minggu 1 Januari 2023, Mapepada Agung Kamis, 5 Januari 2021, Puncak Karya pada 6 Januari 2023, tiga kali Bhakti Panganyar pada hari Sabtu sampai Senin, 7-9 Januari 2021 serta Nyenuk, Ngebat Daun dan Ngwangun Ayu Selasa, 10 Januari 2023, serta Panyineban digelar Rabu, 11 Januari 2023.

“Melalui upacara ini, kami juga turut mendoakan keselamatan dan kesejahteraan bagi seluruh Bali, serta Negara Indonesia dan keselamatan seluruh dunia,” ucap Merta.

Upacara Tawur disaksikan pula oleh Gubernur Bali Wayan Koster, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dan jajaran, perwakilan pimpinan daerah kabupaten/kota se-Bali, Angga Puri, serta perwakilan organisasi Pasemetonan yang ada di Bali.

Editor: E. Ariana

Related Stories