Prokes Persembahyangan Pagerwesi Dipantau Anggota Kodim 1626/Bangli

Anggota Kodim 1626/Bangli memberikan sosialisasi prokes di sela-sela persembahyangan Pagerwesi di Desa Suter, Kintamani, Bangli. (Balinesia.id)

Bangli, Balinesia.id – Pelaksanaan ibadah umat Hindu pada Hari Suci Pagerwesi di Pura Ibu Banjar Bubung, Desa Suter, Kintamani, Bangli, Rabu, 1 September 2021 mendapat pengawalan dari anggota Kodim 1626/Bangli. 

Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Suwardana S.I.P menyatakan pelibatan anggota dalam piodalan tersebut tidak lain bertujuan untuk memastikan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) masyarakat, sehingga mengurangi risiko terpapar Covid-19.

Ia mengatakan, kegiatan piodalan kali  tersebut juga telah menerapkan prokes  Piodalan yang biasanya diikuti oleh seluruh umat Hindu yang ada di Banjar Bubung, Desa Suter kala itu hanya dilaksanakan secara sangat terbatas dengan menghadirkan Prajuru dan perwakilan warga.

       Baca Juga:

Sebelum pelaksanaan kegiatan piodalan Babinsa Desa Suter, Sertu Wayan Budiarta dan Satgas Covid-19 Desa Suter sudah mempersiapkan sarana penunjang penerapan prokes seperti tempat cuci tangan. Setiap warga yang bersembahyang pun diwajibkan untuk cuci tangan, memakai masker dan mengatur jarak pada saat sembahyang.

"Kegiatan pengaturan sembahyang yang dilaksanakan oleh Babinsa dan Satgas Covid-19 Desa merupakan salah satu bentuk untuk mencegah penyebaran Covid-19.  Dengan prokes ketat, diharapkan tidak terjadi klaster baru," katanya.

Suwardana juga mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif dalam mencegah penyebaran Covid-19, sehingga tidak meluas dan kehidupan bisa kembali normal. "Disiplin masyarakat dalam menerapkan prokes merupakan hal yang sangat penting dalam  memutus mata rantai pemyebaran Covid-19," tegas Suwardana.

       Baca Juga:

Sementara, salah satu tokoh masyarakat Desa Suter, I Wayan Sunama mengucapkan terimakasih kepada babinsa yang telah ikut mengingatkan masyarakat agar mentaati protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah ini. "Semoga dengan adanya edukasi dan imbauan dari babinsa masyarakatnya bisa lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories