Polsek Densel Dukung Pengamanan Umat Hindu saat Melasti di Beberapa Pantai

Pelaksanaan ritual melasti di kawasan denpasar, Minggu, 19 Maret 2023. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id – Upacara melasti menjadi salah satu ritual yang dilakukan oleh sebagian besar umat Hindu di Bali dalam menyambut Hari Suci Nyepi yang tahun ini jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023. Beberapa pantai di kawasan Denpasar pun menjadi tujuan umat Hindu melakukan ritual yang diyakini memiliki makna sebagai bagian pembersihan alam semesta itu.

Kapolsek Denpasar Selatan, Kompol Made Teja Dwi Permana, S.H., S.I.K., Minggu, 19 Maret 2023, mengatakan pantai-pantai di wilayah Denpasar Selatan yang menjadi tujuan umat Hindu melasti antara lain Pantai Matahari Terbit dan Pantai Bangsal di Desa Sanur Kaja; Pantai Segara di Kelurahan Sanur; dan Pantai Mertasari di Kelurahan Sanur Kauh. Terhadap pelaksanaan kegiatan itu, pihaknya menerjunkan anggota untuk melakukan pengamanan pelaksanaan ritual umat. 

Baca Juga:

  • Diperkuat 8 Advokat Muda, Tim Advokasi Peradah Bali Siap Bela Hak Hukum Masyarakat

Ia mengatakan, dalam kegiatan pelaksanaan melasti warga berjalan kaki mengiringi pelawatan Ida Bhatara. Selain berjalan, beberapa desa juga ada yang datang ke pantai dengan menggunakan kendaraan. 

“Upacara melasti merupakan upacara sakral dalam rangkaian Hari Raya Nyepi yang dipusatkan di pantai, dan kami tetap memberikan pengamanan guna kelancaran kegiatan melasti tersebut, baik yang dari desa atau kelurahan Denpasar Selatan maupun yang dari luar, yang mengadakan kegiatan melasti di beberapa lokasi pantai di wilayah hukum Polsek Denpasar Selatan,” katanya.

Baca Juga:

Ia menjelaskan, selama kegiatan pengamanan baik pagi maupun sore hari. Dalam pelaksanaan pengamanan itu, pihaknya juga bersinergi dengan pecalang, linmas, dan babinsa melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas. “Kami memastikan keamanan dan kelancaran kegiatan melasti di wilayah Denpasar Selatan,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories